LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

5 Manfaat Positif Mengantar Anak ke Sekolah

Manfaat Mengantar Anak ke Sekolah

Apa kabar semuanya Sobat Digital? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya, tanpa kurang suatu apapun, aaamiiin. Pada artikel kali ini, saya ingin membahas mengenai manfaat positif mengantar anak ke sekolah. Sengaja saya mengangkat tema ini, karena hal yang kelihatan sepele ini, justru punya manfaat yang besar terhadap tumbuh kembang anak. Bahkan tidak jarang orang tua yang kurang peduli dengan hal ini.

Bagi Anda yang masih punya kesempatan untuk mengantarkan anaknya ke sekolah, sudah sepatutnya untuk bersyukur. Pasalnya, di luar sana tidak sedikit orang tua yang tidak punya banyak waktu, sehingga tidak bisa mengantarkan anaknya ke sekolah. Padahal orang tua tersebut ingin sekali mengantarkan anaknya ke sekolah, tapi apa daya, karena kesibukan yang luar biasa, hingga tidak punya kesempatan ini.

Manfaat Mengantar Anak ke Sekolah

Kegiatan mengantar anak juga bisa menjadi jembatan antara orang tua dan sekolah. Bisa menjadi ajang perkenalan bagi orang tua dan juga guru-guru di sekolah. Seperti yang dilakukan istri saya ketika mengantar ke sekolah, jadi lebih sering berinteraksi dengan para guru, sehingga saling mengenal satu sama lain.

Pentingnya Antar Jemput Anak Sekolah
Perjuangan seorang ibu dalam antar jemput kedua anaknya sekolah

Pentingnya mengantar anak ke sekolah juga turut disampaikan oleh Kemendikbud. Melalui laman sahabatkeluarga.kemdikbud, bahwa keterlibatan orang tua sangat penting dalam mendampingi anak, karena bisa membangun hubungan positif antara lingkungan pendidikan di rumah maupun di sekolah.

Beirkut adalah manfaat yang akan didapatkan orang tua ketika mengantarkan putra-putrinya ke sekolah :

1. Punya banyak waktu untuk mengobrol selama di perjalanan

Dengan mengantar anak ke sekolah, akan membantu meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Seperti dikutip dari laman Wikipedia, bonding sendiri adalah ikatan yang terjadi antar individu dalam kehidupan manusia.

Orang tua bisa saling berkomunikasi dengan anak sekaligus membahas banyak hal selama mengantar anak. Anak juga jadi lebih terbuka dan berani menceritakan apa saja yang ia rasakan atau pengalaman apa saja yang didapatkan selama belajar.

Carilah topik obrolan yang ringan untuk membuka percakapan dengan anak, sehingga anak akan senang untuk mengobrol dengan orang tua. Dari percakapan sederhana, bisa terbentuk hubungan yang harmonis dan saling terbuka satu sama lain.

2. Anak lebih aman selama di perjalanan

Kasus penculikan masih rawan terjadi dan bisa menimpa siapa saja. Maka dari itu, para orang tua wajib waspada agar penculikan tidak menimpa putra putrinya. Dengan rutin antar jemput anak dari sekolah, mampu meminimalisir terjadinya penculikan.

Anak merasa lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan jika orang tua rutin antar jemput ke sekolah. Anak jadi merasa nyaman dan aman selama di perjalanan jika bersama orang tua sendiri. Perasaan orang tua juga jadi lebih tenang, karena bisa langsung mengawasi putra-putri tercinta.

3. Orang tua punya kesempatan untuk mengenal lingkungan sekolah

Manfaat mengantar anak ke sekolah selanjutnya adalah orang tua berkesempatan untuk mengenal lingkungan sekolah dan juga para guru yang mengajar. Orang tua jadi punya kesempatan untuk melihat secara langsung kondisi dan situasi lingkungan belajar anak di sekolah.

Orang tua juga bisa menjalin hubunga yang baik dengan para guru di sekolah. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Pasalnya lingkungan sekolah yang baik, akan membentuk kecerdasan dan kepribadian anak.

4. Orang tua bisa bersosialisasi dengan para guru dan orang tua lainnya

Sembari mengenal lingkungan sekolah, orang tua juga bisa lebih akrab dengan guru dan juga wali murid lainnya. Langkah ini cukup baik untuk menjaga hubungan yang baik di lingkungan sekolah. Hubungan yang baik antar wali murid, juga akan berimbas dengan anak-anak di sekolah.

Hubungan yang baik antar sesama orang tua juga biasanya berlanjut dengan melakukan berbagai kegiatan positif, misalnya saja mengadakan arisan, pertemuan orang tua maupun aktivitas positif lainnya di luar sekolah. Tidak hanya itu saja, orang tua juga jadi lebih mudah untuk mendapatkan beragam informasi penting dari sekolah. 

5. Orang tua bisa lebih mudah memantau aktivitas anak di sekolah

Seiring berjalannya waktu, anak akan mendapatkan banyak teman di sekolahnya. Semakin banyak teman, maka biasanya akan semakin luas pergaulannya. Di sini, orang tua perlu tahu siapa saja teman dekat putra putri dan kegiatan apa saja yang biasanya dilakukan di sekolah.

Dengan rajin antar jemput sekolah anak, orang tua akan lebih mudah mengetahui apa saja kegiatan anak sepulang sekolah, termasuk teman bermainnya setelah selesai sekolah. Orang tua juga bisa mengenal teman-temannya secara langsung di sekolah.

Konklusi

Mengantar jemput anak sekolah tidak akan membuatnya menjadi manja atau bergantung dengan orang lain. Justru dengan begini, anak akan merasa mendapatkan perhatian yang penuh dari orang tua. Terutama bagi anak-anak yang baru pertama kali sekolah.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir anak akan menjadi manja. Bagaimanapun seiring berjalannya waktu, dengan sendirinya anak akan menjadi mandiri.

Bagi Anda yang masih punya waktu luang, yuk mulai rajin antar jemput anak ke sekolah. Jangan lewatkan momen kebersamaan dengan anak. Bisa jadi momen yang Anda anggap sepele ini, merupakan impian bagi orang tua yang hingga saat ini masih belum dikaruniai keturunan.

Semoga bermanfaat.

Share This Article :
836955841360431299