LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Cara Membedakan Uniqlo Asli dan Palsu, Jangan Sampai Keliru!

Uniqlo Ori dan KW

Salah satu brand fashion yang cukup diminati adalah Uniqlo. Produk dari brand yang satu ini cukup banyak, mulai dari kaos, kemeja, celana, hoodie dan lainnya. Namun, sebagian besar mungkin masih cukup bingung, bagaimana cara membedakan Uniqlo asli dan palsu. Nah, melalui artikel ini, saya ingin berbagi tipsnya, jadi baca terus sampai selesai ya guys!

Brand Uniqlo ini merupakan saingan terberat dari brand Zara maupun H&M. Kualitasnya sudah diakui oleh orang-orang di seluruh dunia. Desainnya sederhana, tetapi tetap berkelas. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Hal inilah yang membuat produk fashion ini begitu digemari dari berbagai kalangan, terutama anak muda.

Sejarah Brand Uniqlo

Sebelum lebih lanjut membahas cara membedakan produk Uniqlo ori dan kw, mari kita lihat terlebih dulu sejarah brand Uniqlo.

Brand Uniqlo berasal dari negara Jepang yang didirikan oleh pengusaha bernama Tadashi Yanai pada tahun 1984. Toko pertamanya diberi nama 'Unique Clothing Warehouse' di Hiroshima, Jepang. Hingga pada tahun 1988, diputuskan namanya menjadi Uni-Clo. Namun malah berubah menjadi Uniqlo, akibat kesalahan karyawan ketika mendaftarkan nama brand, salah membaca C menjadi Q.

Awalnya Tadashi Yanai merupakan seorang pewaris dari puluhan toko penjahit khusus pria pada tahun 1972. Setidaknya terdapat sekitar 22 toko yang diwariskan dari ayahnya.

Hingga tulisan ini dibuat, setidaknya ada sekitar 2 ribu lebih toko resmi (official store) yang tersebar di 21 negara, termasuk di Indonesia.Dengan jumlah official store terbesar berada di Jepang sekitar lebih dari 800 toko. Pusat produksi global Uniqlo berada di Jakarta, Ho Chi Minh, Dhaka, Istanbul dan Shanghai.

Cara Membedakan Produk Uniqlo Asli dan Palsu

Agar Anda tidak salah membeli, maka sangat penting untuk mengetahui terlebih dulu antara produk yang asli dengan yang palsu. Berikut adalah lima poin penting yang perlu diperhatikan :

1. Scan barcode Uniqlo

Salah satu cara untuk mengetahui keaslian suatu produk fashion, Anda bisa melakukan scan barcode melalui aplikasi barcode reader atau palikasi pembaca kode batang online. Nantinya akan muncul informasi lengkap terkait produk yang Anda beli, misalnya saja nama produk, ukuran, nama perusahaan, alamat hingga harganya.

Produk tiruan pun telah menggunakan barcode, akan tetapi informasi yang muncul di dalamnya tidak terlalu detail. Jadi, sebaiknya Anda tetap melakukan scan produk yang Anda beli untuk mengecek apakah asli atau palsu.

2. Cek keaslian Uniqlo asli dengan melihat kode produksi

Untuk membedakan produk Uniqlo asli dan palsu, Anda juga bisa mengecek melalui kode produksi yang biasanya terdapat di label atau tag. Kode produksi ini terdiri dari kombinasi huruf dan angka sebagai informasi produksi.

Kode Produksi Uniqlo

Kode produksi berguna untuk mengecek referensi asli atau tidaknya suatu produk. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengecek terlebih dulu kode produksi tersebut. Bisa melalui website resmi dari brand ataupun melalui aplikasi.

3. Periksa logo Uniqlo

Anda juga dapat memeriksa apakah produk Uniqlo asli atau tidak, dengan cara melihat logo Uniqlo. Jika memang tidak ada logonya, maka keasliannya patut dipertanyakan. Pada umumnya, terdapat dua logo Uniqlo asli pada pakaian, yaitu dalam huruf Jepang dan huruf latin.

Cara Membedakan Uniqlo Asli dan Palsu

Sebagian besar pecinta fashion mungkin sudah tidak asing lagi dengan logo Uniqlo bukan? Logo yang tercetak di produk juga terlihat rapi dan jelas, sehingga mudah dibaca. Pada produkUniqlo KW, mungkin saja terdapat logo, tetapi pasti ada perbedaan, mulai dari warna yang memudar, ukuran logo hingga kerapihan logo tersebut.

4. Label Uniqlo asli

Label pada suatu produk pakaian berfungsi untuk memberikan informasi mengenai produk tersebut, misalnya kode produksi hingga panduan untuk merawat pakaian. Jika produk Uniqlo yang Anda temui di pasaran tidak ada labelnya, kemungkinan besar produk tersebut palsu.

Mungkin saja di pasaran telah banyak dijual produk Uniqlo tiruan yang telah menggunakan label, maka Anda tetap harus teliti sebelum membelinya. 

5. Periksa harganya

Harga produk Uniqlo yang asli, tentu saja akan lebih mahal jika dibandingkan yang palsu. Misalnya saja kaos Uniqlo yang saya pakai ini harganya 299.000. Dari sini saja sudah kelihatan jika brand Uniqlo memiliki harga di atas rata-rata.

Harga Kaos Uniqlo

Namun jika harganya jauh lebih murah, patut dipertanyakan keasliannya. Selain memeriksa harganya, Anda juga dapat memeriksa bahannya secara langsung. Kaos Uniqlo bahannya lebih adem dan cukup tebal. 

Tips Membeli Produk Uniqlo Secara Online

Bagi Anda yang memutuskan untuk membeli produk-produk Uniqlo secara online, mungkin saja Anda akan sedikit kesulitan untuk memeriksa kualitas bahannya secara langsung. 

Nah, maka dari itu, yuk simak langkah-langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin belanja Uniqlo online berikut ini :

1. Periksa nama toko dan tampilan website

Sebelum berbelanja, periksa terlebih dulu toko online-nya melalui mesin pencari Google. Periksa secara detail informasi yang ditampilkan oleh Google, misalnya saja reputasi toko, ulasan pelanggan dan berbagai informasi lainnya yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan.

2. Bandingkan harganya

Produk yang asli biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal di atas standar. Namun, jika Anda menemukan produk asli yang dijual dengan harga murah, biasanya itu adalah produk tiruan. Secara sepintas tampilannya memang sangat mirip

3. Baca testimoni pembeli Uniqlo

Coba Anda baca satu per satu testimoni dari pembeli produk Uniqlo di e-commerce. Apakah lebih banyak ulasan positifnya atau sebaliknya. Perhatikan juga apakah ulasan yang diberikan memang benar-benar asli dari pembeli atau hanya ulasan tipuan, agar tokonya bisa laku terjual.

Nah itu tadi artikel cara membedakan Uniqlo asli dan palsu. Agar lebih mudah dan tidak bingung, Anda bisa mengecek produk Uniqlo asli di salah satu e-commerce yang sangat populer, yaitu Zalora. Zalora memang dikenal sebagai e-commerce yang menjual brand-brand terkenal dan dijamin original.

Semoga bermanfaat.

Share This Article :

Click here for comments 22 Comments:

  1. Saya tau uniqlo ini pas ke mall kelapa gading, Mas. dan memang sejak dulu Uniqlo itu bahannya bagus dan menyerap keringat. Jadi biar tidak tertipu membeli yang palsu, saya ke outlet resmi saja yang ada di mall-mall terkenal. Di Depok juga banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini bagus nih untuk menghindari produk palsu, biar enggak ketipu. Mendingan beli langsung di outlet resminya. sayang banget kan, udah beli mahal, eh malah beli yang palsu...

      Hapus
  2. Saya team Uniqlo dari zaman dia muncul, karena suka dengan bahannya yang nyaman banget di kulit apalagi kualitas Jepang punya, harganya juga affordable. dan biasanya belinya di store langsung Uniqlo. Dan ternyata banyak yang jualin palsu ya Kak, wah jadi lebih hati-hati dan tahu bedanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu dong aah. Memang sudah banyak beredar produk palsu dari Uniqlo ini Kak. Jadi harus lebih teliti lagi sebelum membelinya.

      Hapus
  3. Wah...warnanya cakeup tuh kemeja Uniqlo-nya. Tapi jadi unik ya walaupun asalnya salah daftar nama. Coba tetep pakai C, kan di Indonesia dibacanya jadi uniclo...haha...ga keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gegara salah sebut nama, eh malah jadi lebih populer ya. Memang sudah seharusnya begitu kali ya. Jadi Uniqlo penyebutannya

      Hapus
  4. Baru tahu loh sejarah Uniqlo tuh kayak gt. Salah daftarin merek dagang eh malah viral dan mendunia. Jujur aku jg pernah beli kaos, celana dan jaket Uniqlo. Emg adem banget bahannya dan awet banget. Ini udah 4 tahun kupakai dan tak luntur sama sekali. Yg pasti emg ada labelnya sih di bagian dalam.pakaian/celana yg kita beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin memang sudah jalannya seperti itu. Mungkin kalo enggak ada kesalahan dalam penyebutan nama, enggak akan bisa populer. Wah udah lama banget 4 tahun, tapi masih belum ada tanda luntur atau belel (istilahnya).

      Hapus
  5. ah, pantesan di toko oren tuh sering banyak jual baju uniqlo. aku kira itu asli tapi kayak jastip gtu. nggak nyangka ternyata ada yang palsu juga yaa. tapi, biasa pasti kerasa nggak sih sama kualitas bajunya? uniqlo enak banget kainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati-hati Mba Dea, produk Uniqlo juga ada yang KW nya loh. Makanya saya bagikan artikel ini, agar kita semua bisa aware enggak tertipu membeli produk Uniqlo palsu.

      Hapus
  6. Semakin banyak dikenal dan modelnya banyak disukai memang memancing kemunculan produk tiruan sih ya. Kadang kalau sekilas mata sih, bisa aja terkecol sama logo atau labelnya, tapi kalau sudah terbiasa pakai produknya sih lama lama eungeuh juga dan ada caranya juga buat memeriksa keaslian produknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin produk yang palsu ini ditujukan bagi mereka yang tetap ingin eksis memakai brand Uniqlo yang KW. Makanya kita perlu teliti sebelum membeli produk Uniqlo. Bisa baca seluruh artikel ini ya.

      Hapus
  7. Alhamdulillah sekolah anak2 dekat mall yang ada counter uniqlo besar jadi aman langsung beli di toko ya dibanding online. Saya suka jaket musim dingin yg ada tasnya bisa di lipat masuk tas jd kecil. Suka diskon kok uniqlo jd rajin2 nyamperin toko 😃 (gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak nih kalo dekat dengan counter Uniqlo. Jadi bisa beli produk yang aslinya. Enggak takut tertipu dengan produk palsu. Wah pasti bagus banget jaketnya nih.

      Hapus
  8. Wah mas Hendra Uniqlo lover juga ya
    Sama dengan anakku hahaha
    Awalnya tuh diberi hadiah kemudian suka dan kalau beli baju nyari Uniqlo
    Baru tahu ada palsunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang ada produk KWnya Mba. Makanya saya bagikan tutorial cara membedakannya di artikel ini, biar kita sama-sama belajar gimana caranya membedakan produk Uniqlo asli dan palsu. Saya suka sih dengan Uniqlo ini. Bahannya adem, nyaman dan pastinya awet berkualitas tinggi.

      Hapus
  9. walah jangan2 yg suka dijual di online shop tuh ada yg palsu ya, tapi sekarang udah baca artikel ini mau praktekkin deh cara bedain yg aspal sm yg ori

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di online shop juga banyak produk KWnya, makanya harus hati-hati dan teliti kalo mau beli produk Uniqlo yang asli. Semoga saja bermanfaat ya artikelnya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini.

      Hapus
  10. belum pernah beli brand yang satu ini, seringnya lihat iklannya aja yang beredar saat internetan, hmm sekarang jadi tau nih cara membedakan keaslian Uniqlo, kali besok-besok mau beli jadi tau deh.
    makasih ya Mas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget sih cara mengetahui produk Uniqlo asli dan palsu kalau kita mau beli produk yang aslinya. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat ya. Terima kasih juga sudah berkunjung dan komen di blog ini.

      Hapus
  11. Wah aku baru tahu ada toko online Uniqlo di Lazada. Soalnya pgn banget beli lagi tp di Jatim ga ada storenya. Ada sih tp di kota besarnya doank kyk Surabaya. Pgn beli bajakan tp ntr psti ga awet. Pgn beli yg asli aja deh. Ntr cek di Lazada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending beli yang asli aja Kak, kalo yang abal-abal malah cepat rusak. Kalo udah rusak, nanti beli lagi, gitu aja terus sampe isi dompet jebol. Lebih baik beli original dari awal saja. Udah ketauan bakalan awet. Toko Uniqlo juga telah tersedia di e-commerce terkemuka di Indonesia loh

      Hapus
836955841360431299