LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Mengenal Rapor Pendidikan dan Manfaatnya Bagi Dunia Pendidikan Indonesia

Apa Itu Rapor Pendidikan

Kali ini saya ingin membahas artikel dari dunia pendidikan di Indonesia tentunya. Sengaja saya mengangkat tema pendidikan, karena ternyata cukup asyik untuk dibahas. Terutama bagi para orang tua yang putra putrinya saat ini sedang menempuh pendidikan, pastinya tidak ingin ketinggalan info-info penting dari dunia pendidikan bukan?

Sama halnya seperti yang saya alami saat ini, di mana kedua anak saya sedang menempuh pendidikan di sekolah menengah pertama dan sekolah dasar. Jadi harus rajin-rajin membaca artikel tema pendidikan. Okelah, kali ini saya akan membahas mengenai Rapor Pendidikan. Ada yang sudah tahu apa itu Rapor Pendidikan? Kalau kamu belum tahu, baca terus artikelnya sampai selesai ya guys 😉!

Mengenal Rapor Pendidikan

Perlu kamu ketahui, Rapor Pendidikan Indonesia baru saja resmi dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nadiem Makarim. Dengan hadirnya Rapor Pendidikan ini, diharapkan mampu memberikan perubahan yang lebih baik lagi dari dunia pendidikan. 

Seperti dikutp dari website Kemdikbud, Rapor Pendidikan merupakan sebuah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan di Indonesia. Adapun data-datanya didapatkan dari Asesmen Nasional yang menilai AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Peluncuran Rapor Pendidikan
Image : kemdikbud.go.id

Asesmen Nasional bisa memberikan gambaran kualitas hasil belajar, proses belajar serta lingkungan belajar sebagai bagian dari refleksi kondisi mutu layanan pendidikan. Asesmen Nasional juga menjadikan instrumen kunci, seperti Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Lingkungan Belajar dan Survei Karakter untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Rapor Pendidikan bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengidentifikasi, merefleksi dan membenahi kualitas pendidikan Indonesia secara menyeluruh.

Menurut Amich Alhumami yang saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, sangat mengapresiasi hadirnya Rapor Pendidikan tersebut. 

Hal ini cukup penting untuk mengukur hasil pembangunan pendidikan di setiap daerah maupun di tingkat nasional.

"Menjadi penting bagi Indonesia memiliki asesmen domestik (Asesmen Nasional) yang memiliki pengaruh dan akan sangat membantu untuk kita semuanya, terutama di Bappenas. Asesmen Nasional ini diletakkan dalam konteks ukuran pencapaian kinerja pembangunan nasional dan daerah," ujar Amich.

Setidaknya terdapat beberapa indikator yang akan memberikan gambaran bagaimana kualitas pendidikan di Indonesia secara menyeluruh, yaitu :

  • Pengukuran kompetensi dasar literasi-numerasi dan tumbuh kembang karakter
  • Kualitas pembelajaran
  • Iklim keamanan
  • Kebhinekaann dan inklusivitas 
  • Penyerapan lulusan SMK & kemitraan dan keselarasan dengan dunia kerja
  • Persentase PAUD terakreditasi minimal B
  • Angka Partisipasi Sekolah (APS)

Manfaat Rapor Pendidikan 

Lalu, apa saja manfaat yang bisa dirasakan bagi guru, sekolah hingga pemangku kepentingan pendidikan? Berikut poin-poin yang telah dirangkum dari laman detik.com :

Manfaat Rapor Pendidikan

  • Bisa dijadikan sebagai referensi utama untuk melakukan dasar analisis, perencanaan dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.
  • Menjadi sebuah platform yang bisa digunakan untuk melihat hasil Asesmen Nasional
  • Laporan bisa disajikan secara otomatis dan terintegrasi, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber data yang objektif sekaligus andal
  • Bisa dijdikan sebagai instrumen pengukuran yang bermanfaat sebagai evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan, baik untuk evaluasi internal maupun eksternal
  • Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output)
  • Platform yang tepat untuk menyajikan data secara terpusatbagi satuan pendidikan, sehingga tidak perlu lagi menggunakan banyak aplikasi untuk melihat daya yang disajikan

Apa Saja Fitur Rapor Pendidikan?

Layaknya platform pada umumnya, Rapor Pendidikan bisa diakses oleh satuan pendidikan Pemerintah Dareah maupun publik. Data akan disajikan berupa grafik dan berisi hasil Asesmen Nasional berupa capaian numerasi dan literasi siswa, survei karakter serta survei lingkungan belajar.

Sebuah fitur baru bernama Otomasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) telah ditambahkan oleh Kemendikbudristek pada September 2022. Berdasarkan data-data yang terkumpul, sistem nantinya akan memproses rekomendasi kebijakan yang bisa digunakan oleh satuan pendidikan.

Cara Mengakses Rapor Pendidikan

Platform Rapor Pendidikan secara resmi sudah bisa diakses sejak Juni 2023. Siapapun bisa mengakses platform untuk melihat data, baik dari pemangku kepentingan hingga publik. Agar lebih mudah bagaimana cara mengakses Rapor Pendidikan, berikut langkah-langkahnya :

Cara Mengakses Rapor Pendidikan

1. Sekolah dan Pemerintah Daerah

Bagi pemangku kepentingan, seperti pihak sekolah hingga Pemerintah Daerah, bisa mengakses Rapor Pendidikan dengan mengikuti langkah sebagai berikut :

Masuk ke halaman website : https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/. Lalu klik tombol "Masuk sebagai Satuan/Dinas Pendidikan"

2. Publik

Publik pun diberikan akses untuk melihat capaian dan evaluasi setiap jenjang pendidikan pada setiap daerah. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

Masuk ke halaman website : https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/. Lalu klik tombol "Lihat Hasil Nasional"

Konklusi

Melalui platform ini, satuan pendidikan dan pemerintah daerah bisa melakukan perencanaan berbasis data, sehingga pembenahan bisa dilakukan semakin tepat sasaran dan berorientasi pada kebutuhan pembelajaran siswa. Semoga saja dengan hadirnya platform Rapor Pendidikan, masyarakat bisa semakin mudah untuk sama-sama memantau perkembangan pendidikan sekaligus berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Perlu diingat, pendidikan merupakan tanggung jawab bagi seluruh pemangku kepentingan. Bukan hanya pemerintah pusat dan daerah, guru, kepala sekolah orang tua saja, tetapi juga seluruh komponen masyarakat memiliki peran kunci dalam meningkatkan pendidikan nasional.

Semoga bermanfaat.

Share This Article :

Click here for comments 28 Comments:

  1. ini tuh kayak rapor biasa tp bisa diakses online gtu kan ya mas? alhamdulillah jadi makin go digital ya hehe. berarti semua data siswa dari paud sampe sma gtu bisa diliat recordnya?

    BalasHapus
  2. Raport online ini mempermudah untuk akses dan minimalisir salah input. Semua udah serba digital sih, bikin praktis dan mudah dipantau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar lebih mudah untuk pantau prorgres pendidikan

      Hapus
  3. Pantau perkembangan siswa jadi lebih mudah dengan adanya rapor. Karena kan bisa tahu ya ada progress meningkat atau malah menurun.
    Selain itu, lewat rapor juga bisa ketahuan nih bakatnya mengarah ke mana, karena dari nilai rapor yang tertera bisa dipantau pelajaran yang unggul yang mana. Info bagus kak👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, lebih ke perkembangan pendidikan secara nasional sih ya

      Hapus
  4. wah saya baru tahu sekaranga da rapor pendidikan yang sudah online, pastinya memudahkan dalam memantau hasil pendidikan ya, ini berarti bisa diakses oleh yang bersangkutan dan sekolah saja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, bisa diakses oleh pemangku kepentingan pendidikan maupun masyarakat luas

      Hapus
  5. Aku td coba masuk ke link nya sebagai publik mas. Dan lihat nasional. Data2nya memang secara keseluruhan yaaa. Melihat hasil literasi murid mulai dari SD - Ama sederajat semuanya hanya SEDANG. Berharap bisa masuk kategori BAIK 😁. Tapi aku suka Krn masing2 oenilaian mereka juga ngasih tau cara meningkatkan kemampuannya. 👍. Jadi ga cuma sekedar kasih data Thok.

    Bagus laah. Jadi sebagai ortu aku bisa tahu keselurahan pendidikan di Indonesia gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul banget. Kita sebagai orang tua juga bisa ikut memantau perkembangan pendidikan di Indonesia secara keseluruhan. Progresnya sampai sejauh mana dan pencapaian apa saja yang telah berhasil.

      Hapus
  6. Saya abru tahu ada aplikasi Rapor Pendidikan, Mas. Tapi bagus sekali ya. dengan adanya Rapor Pendidikan ini, Baik pendidik, orang tua, dan masyarat bisa mengetahui, seperti apa grafik pendidikan di Indonesia. Sampai sejauh mana perkembangannya. jadi bisa segera dievaluasi untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  7. Ini kalo yang ngisi guru bisa jadi ngisi rapot 2x ngga ya kak? Penasaran aja hehe soalnya nti yang riweh di administrasi pasti gurunya nih wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemmmm, sebenarnya lebih ke untuk memantau perkembangan pendidikan di Indonesia, jadi bukan untuk mengisi rapor

      Hapus
  8. Bagus banget ya..
    Di masa digital begini, raport bisa diakses dengan mudah melalui platform Rapor Pendidikan. Apakah ke depannya semua sekolah akan menggunakan platform ini?

    Pinginnya raport tuh selain perkembangan akademis, pingin juga ada catatan perkembangan sosialnya. Bisa gak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya lebih ke sistem dan teknis pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Jadi tuh untuk mengetahui sekaligus memantau perkembangannya

      Hapus
  9. Rapor pendidikan ini penting ya mas
    Rapor pendidikan bisa menjadi pijakan dasar dalam membangun pendidikan di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan cukup penting untuk memantau perkembangan pendidikan di Indonesia

      Hapus
  10. Rapor pendidikan kira-kira bagi guru bagaimana ya? Apakah akan menambah beban kerja bagi guru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enggak lah, ini kan hanya laporan yang berisikan data saja. Jadi, ya tidak terlalu menjadi beban. Tinggal akses lewat internet, dah beres deh

      Hapus
  11. Keren sekali aplikasinya. Sangat membantu memperbaiki dunia pendidikan kita. Dgn digitalisasi ini smg bisa memperbaiki dunia pendidikan nasional, minimal dr urusan internal soal rapor pendidikan. Smg kualitas pendidikan jg mkn baik krn bagian intermalnya sdh bs diselesaikan dgn baik ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin... Semoga saja bisa memberikan dampak positif yang luas untuk pendidikan di Indonesia

      Hapus
  12. tracking pembelajaran anak/siswa emang penting dan perlu banget sih ya, biar bisa ada evaluasi dan cari solusi nya untuk pengembangan pendidikan anak, terlebih dengan rapor pendidikan kita bisa bikin database pendidikan sebagai landasan program / kebijakan pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain menyajikan pencapaian, Rapor Pendidikan juga memberikan solusi untuk membantu meningkatkan prestasi atau penilaian. Jadi tidak hanya memberikan data-data saja, tetapi juga mencarikan jalan keluar yang terbaik

      Hapus
  13. Mantap sekali Kak. Rapor pendidikan bisa diakses publik juga. Gak hanya oleh guru atau mereka yg bekerja di bidang pendidikan.

    Rapor ini emang penting ya biar kualitas pendidikan di Indonesia makin bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul banget Mba, biar lebih transparan untuk melihat kinerja pemangku pendidikan dan lainnya

      Hapus
  14. emang sih, selain angka, catatan dari guru tuh yang selalu diperhatiin dari dulu kalau abis ambil rapor. apalagi kalau catatan gurunya aneh-aneh :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemmm, sebenarnya sih agak beda ya dengan raport yang biasa diambil saat penilaian. Ini lebih ke kinerja pendidikan di Indonesia secara keseluruhan...

      Hapus
836955841360431299