LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4yTUfATofA6QkyaV=

6 Cara Bijak Memanfaatkan Media Sosial di Tengah Pandemi

Manfaatkan Media Sosial dengan Bijak Saat Pandemi

BLANTERLANDINGv101
836955841360431299

6 Cara Bijak Memanfaatkan Media Sosial di Tengah Pandemi

Kamis, 21 Oktober 2021

Manfaatkan Media Sosial untuk Hal yang Positif

Keberadaan media sosial di tengah masyarakat telah memberikan pengaruh besar. Ada begitu banyak manfaat yang sebenarnya bisa dinikmati berkat adanya media sosial.

Namun manfaat tersebut hanya bisa dinikmati jika penggunaan media sosial dilakukan dengan cara yang tepat. Sebaliknya, saat media ini tidak digunakan dengan tepat, maka ada dampak negatif yang dapat ditimbulkan.

Media Sosial di Tengah Pandemi

Situasi pandemi seperti saat ini, pemakaian media sosial juga harus dilakukan secara bijak. jikat tidak terkontrol dengan baik, maka media sosial justru dapat memberikan dampak negatif dan merugikan. 

Berikut ini adalah 6 cara bijak memanfaatkan media sosial di tengah pandemi yang bisa Anda coba lakukan :

1. Bagikan informasi bermanfaat

Pertama, pakailah media sosial untuk membagikan berbagai jenis informasi yang bermanfaat. Saat pandemi ini banyak sekali orang yang tidak paham dengan situasi yang sedang terjadi. Anda bisa membagikan informasi yang bermanfaat kepada mereka melalui media sosial.

Pada dasarnya memang media sosial merupakan platform untuk saling berbagi informasi. Namun jenis informasinya juga harus terkontrol dan disaring terlebih dulu. Jika jenis informasi yang dibagikan cenderung asal-asalan dan tidak dibuktikan benar atau salahnya, maka bisa saja menimbulkan hoax serta dapat meresahkan masyarakat.

2. Blokir informasi yang tidak penting 

Pandemi membuat kita merasa tertekan dan tidak sedikit orang yang kesulitan untuk menikmati hidupnya. Sangat disarankan untuk membatasi diri dari informasi-informasi yang merugikan yang kerap dibagikan di media sosial.

Hal ini penting dilakukan agar pikiran dan mental Anda jadi lebih sehat dan tenang, apalagi di tengah situasi wabah seperti sekarang ini.

Jika perlu, blokir semua pengguna akun yang membagikan informasi hoax. Tidak ada salahnya memblokir teman atau bahkan anggota keluarga yang sering membagikan informasi-informasi hoax dan menimbulkan kepanikan.

Dengan begitu, media sosial Anda akan dipenuhi dengan informasi yang bermanfaat dan membuat hati merasa lebih tenang.

3. Gunakan media sosial untuk menjalin silaturahmi

Gunakan media sosial ini untuk menjalan silaturahmi di tengah pandemi. Seperti diketahui bahwa selama pandemi kita diharapkan untuk selalu menjaga jarak dan membatasi pertemuan yang dapat menimbulkan keramaian. Aturan ini mau tidak mau membuat acara silaturahmi menjadi terbatas.

Namun Anda bisa memanfaatkan teknologi dan media sosial sebagai solusi yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi, meski dilakukan secara online sekalipun.

4. Manfaatkan untuk berbagi dengan sesama

Media sosial juga bisa digunakan untuk berbagi dengan sesama di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Anda bisa membagikan link-link donasi di akun media sosial. Seperti diketahui bahwa selama pandemi ini ada banyak orang yang mengalami kesulitan, terutama dari segi ekonomi atau finansial.

Banyak sekali orang yang kesulitan mendapatkan fasilitas pengobatan, karena keterbatasan ekonomi. Inilah saat yang tepat untuk saling membantu dan berdonasi. Media sosial tidak hanya bisa dipakai untuk bersenang-senang saja, tetapi bisa juga saling berbagi dengan sesama.

5. Media pembelajaran

Gunakan media sosial untuk belajar di tengah pandemi. Edukasi diri merupakan salah satu hal yang penting dilakukan. Sudah seharusnya hal ini menjadi sebuah kebutuhan yang harus dicukupi oleh diri sendiri. Zaman sekarang, edukasi diri akan semakin mudah untuk dilakukan berkat adanya media sosial.

Media sosial menjadi sumber informasi yang sangat lengkap asalkan Anda pandai menyaring mana informasi yang benar dan mana yang salah (hoax). Dapatkan informasi yang bermanfaat dari akun-akun media sosial terpercaya.

Jadikan sumber informasi tersebut sebagai acuan di tengah pandmei ini. Berhentilah mengikuti akun-akun yang tidak bisa memberikan edukasi bermanfaat dan cenderung sering menyebarkan informasi yang tidak akurat.

6. Menambah penghasilan

Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan selama pandemi. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dengan menekuni jenis pekerjaan freelance. Banyak sekali peluang freelance yang sekarang bisa dijangkau melalui media sosial.

Meskipun mungkin penghasilannya tidak sebanyak bekerja di kantoran, tetapi jenis pekerjaan ini tetap bisa dijadikan sebagai pegangan jika dijalani dan ditekuni dengan baik. 

Nah itulah beberapa cara bijak menggunakan media sosial selama masa pandemi. Apalagi intensitas pemakaian media sosial meningkat tajam ketika pandemi terjadi. Jagi pastikan untuk menggunakannya secara bijak, agar bisa mendapat manfaat yang optimal. 

Jika dirasa penggunaan media sosial mulai tidak kondusif atau tidak bermanfaat, maka berhentilah untuk sementara waktu agar pikiran bisa lebih tenang.

BLANTERLANDINGv101

Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang