LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4yTUfATofA6QkyaV=

Cara Menerima Pembayaran Google AdSense Melalui Bank BNI

Panduan Mengubah Metode Pembayaran Google AdSense

BLANTERLANDINGv101
836955841360431299

Cara Menerima Pembayaran Google AdSense Melalui Bank BNI

Rabu, 02 November 2022

Mengenal Apa Itu Google AdSense

Melalui tulisan ini, saya mau berbagi pengalaman sewaktu saya menerima pembayaran Google AdSense melalui Bank BNI. Lalu, bagaimana prosesnya hingga uangnya berhasil saya terima. Apakah prosesnya cepat dan ribet? Yuk baca terus sampai selesai ya guys! Biar tidak penasaran lagi.

Sebagai publisher AdSense, merasakan gajian dari AdSense adalah hal yang paling ditunggu, termasuk diri saya. Meski saat ini belum bisa gajian setiap bulan seperti para suhu, tetapi setidaknya sudah pernah merasakan PO alias pay out

Pengertian AdSense tidak perlu dibahas terlalu jauh di sini lah ya, sebagian besar pasti sudah pada tahu dong. 

Sekedar informasi, akun AdSense saya masih menggunakan akun lama, alias masih pakai mata uang dollar Amerika. Sementara saat ini yang paling baru sudah langsung dikonversi ke dalam Rupiah.

Kerja Sama dengan Western Union Dihentikan di Wilayah Asia Pasifik

Sebelumnya, untuk menerima pembayaran Google AdSense, uang akan ditransfer ke Western Union. Kalau bisa dibilang, prosesnya agak ribet juga sih. Saya harus mencari Western Union terlebih dulu agar bisa mencairkan uangnya.

Salah satunya di Indomaret menyediakan transaksi lewat Western Union. Namun itupun tidak semua Indomaret bisa, karena ada saja kendalanya, misalnya saja layanan sedang offline.

Nah, sampai pada bulan Juli 2022 lalu, Google AdSense sendiri mengumumkan jika Western Union akan berhenti mendukung pembayaran AdSense, AdMob dan Ad Manager di wilayah Asia Pasifik per September 2022.

Ini artinya seluruh pembayaran ke Western Union akan dihentikan setelah bulan September 2022.

Agar pembayaran tidak tertunda, publisher atau penayang AdSense harus segera beralih ke metode pembayaran lain yang tersedia saat ini. Salah satunya yang paling mudah adalah melalui bank transfer. Namun sebelumnya, publisher harus mengubah pengaturan terlebih dulu melalui dashboard akun AdSense. 

Cara Mengubah Metode Pembayaran Google AdSense 

Sebelum lanjut pembahasan mengenai cara menerima pembayaran Google AdSense melalui Bank BNI, ada baiknya teman-teman ketahui terlebih dulu bagaimana cara mengubah metode pembayaran Google AdSense dengan mudah. 

Cara Mengubah Metode Pembayaran Google AdSense

Agar lebih jelas, berikut saya sajikan langkah-langkahnya ya guys :

1. Masuk ke akun Google AdSense teman-teman, lalu pilih menu 'Pembayaran'

2. Lalu pilih 'Kelola Metode Pembayaran' --> Perbarui Metode Pembayaran

3. Masukkan informasi berupa Nama lengkap, Nama Bank, Nomor Rekening dan kode SWIFT. 

Kode SWIFT adalah kode identifikasi unik untuk bank perantara atau cabang bank yang teman-teman pilih. Biasanya terdiri dari 8 atau 11 karakter. Atau bisa langsung menghubungi pihak bank untuk informasi lebih lanjut

Dalam hal ini, saya memilih Bank BNI dan kode SWIFT BNI adalah BNINIDJA (8 karakter). 

4. Sampai di sini proses pengubahan metode pembayaran Google AdSense sudah selesai.

Pengalaman Menerima Pembayaran Google AdSense Melalui Bank BNI

Nah, berikutnya adalah pengalaman saya menggunakan Bank lokal, yakni Bank BNI untuk menerima pembayaran dari Google AdSense.

Sebelum dilakukan pembayaran, setiap tanggal 21, Google AdSense akan mengirimkan email pemberitahuan jika pembayaran telah dilakukan. Namun, uang tidak langsung masuk ke rekening ya guys. Seperti yang saya alami.

Cara Menerima Pembayaran Google AdSense Melalui Bank BNI

Jadi, saya menerima email pemberitahuan dari Google AdSense pada Jum'at, 21 Oktober 2022. Itupun sudah malam, sekitar pukul 20.47. Saya pikir uang akan langsung masuk ke rekening. Saya cek hingga Hari Senin, 24 Oktober 2022, belum juga masuk.

Berhubung penasaran, saya pun mendatangi cabang Bank BNI terdekat. Sambil membawa buku tabungan dan identitas lainnya.

Saya bertemu dengan Mba teller yang baik hati dan tidak sombong. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata memang belum ada uang masuk dari Google AdSense. Kemudian Mbanya pun menjelaskan jika pembayaran dari luar negeri biasanya memakan waktu 3 sampai 4 hari kerja.

Kalau gitu, proses transaksi transfer saya baru berjalan 1 hari kerja. Jadi ya wajar saja kalau uangnya belum masuk. Ya namanya juga pengalaman pertama ya guys, jadi belum tahu. 

Setelah mendapat penjelasan detail, saya pun langsung pulang ke rumah sambil menunggu proses transferan masuk.

Dan pada Selasa, 25 Oktober 2022, transferan dari Google AdSense pun sudah masuk. Rasa girang pun menggelayuti sambil penuh rasa syukur. 

Proses pembayaran Google AdSense melalui Bank BNI ternyata lebih mudah dibanding pembayaran melalui Western Union. 

Konklusi

Jadi, bagi teman-teman yang baru memulai terjun ke Google AdSense, ikuti langkah-langkah di atas jika ingin mengubah metode pembayaran melalui transfer bank. Pilih bank di mana teman-teman membuka rekening ya.

Semoga bermanfaat.

BLANTERLANDINGv101

Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang