LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

6 Cara Bijak Memanfaatkan Media Sosial di Tengah Pandemi

Manfaatkan Media Sosial untuk Hal yang Positif

Keberadaan media sosial di tengah masyarakat telah memberikan pengaruh besar. Ada begitu banyak manfaat yang sebenarnya bisa dinikmati berkat adanya media sosial.

Namun manfaat tersebut hanya bisa dinikmati jika penggunaan media sosial dilakukan dengan cara yang tepat. Sebaliknya, saat media ini tidak digunakan dengan tepat, maka ada dampak negatif yang dapat ditimbulkan.

Media Sosial di Tengah Pandemi

Situasi pandemi seperti saat ini, pemakaian media sosial juga harus dilakukan secara bijak. jikat tidak terkontrol dengan baik, maka media sosial justru dapat memberikan dampak negatif dan merugikan. 

Berikut ini adalah 6 cara bijak memanfaatkan media sosial di tengah pandemi yang bisa Anda coba lakukan :

1. Bagikan informasi bermanfaat

Pertama, pakailah media sosial untuk membagikan berbagai jenis informasi yang bermanfaat. Saat pandemi ini banyak sekali orang yang tidak paham dengan situasi yang sedang terjadi. Anda bisa membagikan informasi yang bermanfaat kepada mereka melalui media sosial.

Pada dasarnya memang media sosial merupakan platform untuk saling berbagi informasi. Namun jenis informasinya juga harus terkontrol dan disaring terlebih dulu. Jika jenis informasi yang dibagikan cenderung asal-asalan dan tidak dibuktikan benar atau salahnya, maka bisa saja menimbulkan hoax serta dapat meresahkan masyarakat.

2. Blokir informasi yang tidak penting 

Pandemi membuat kita merasa tertekan dan tidak sedikit orang yang kesulitan untuk menikmati hidupnya. Sangat disarankan untuk membatasi diri dari informasi-informasi yang merugikan yang kerap dibagikan di media sosial.

Hal ini penting dilakukan agar pikiran dan mental Anda jadi lebih sehat dan tenang, apalagi di tengah situasi wabah seperti sekarang ini.

Jika perlu, blokir semua pengguna akun yang membagikan informasi hoax. Tidak ada salahnya memblokir teman atau bahkan anggota keluarga yang sering membagikan informasi-informasi hoax dan menimbulkan kepanikan.

Dengan begitu, media sosial Anda akan dipenuhi dengan informasi yang bermanfaat dan membuat hati merasa lebih tenang.

3. Gunakan media sosial untuk menjalin silaturahmi

Gunakan media sosial ini untuk menjalan silaturahmi di tengah pandemi. Seperti diketahui bahwa selama pandemi kita diharapkan untuk selalu menjaga jarak dan membatasi pertemuan yang dapat menimbulkan keramaian. Aturan ini mau tidak mau membuat acara silaturahmi menjadi terbatas.

Namun Anda bisa memanfaatkan teknologi dan media sosial sebagai solusi yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi, meski dilakukan secara online sekalipun.

4. Manfaatkan untuk berbagi dengan sesama

Media sosial juga bisa digunakan untuk berbagi dengan sesama di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Anda bisa membagikan link-link donasi di akun media sosial. Seperti diketahui bahwa selama pandemi ini ada banyak orang yang mengalami kesulitan, terutama dari segi ekonomi atau finansial.

Banyak sekali orang yang kesulitan mendapatkan fasilitas pengobatan, karena keterbatasan ekonomi. Inilah saat yang tepat untuk saling membantu dan berdonasi. Media sosial tidak hanya bisa dipakai untuk bersenang-senang saja, tetapi bisa juga saling berbagi dengan sesama.

5. Media pembelajaran

Gunakan media sosial untuk belajar di tengah pandemi. Edukasi diri merupakan salah satu hal yang penting dilakukan. Sudah seharusnya hal ini menjadi sebuah kebutuhan yang harus dicukupi oleh diri sendiri. Zaman sekarang, edukasi diri akan semakin mudah untuk dilakukan berkat adanya media sosial.

Media sosial menjadi sumber informasi yang sangat lengkap asalkan Anda pandai menyaring mana informasi yang benar dan mana yang salah (hoax). Dapatkan informasi yang bermanfaat dari akun-akun media sosial terpercaya.

Jadikan sumber informasi tersebut sebagai acuan di tengah pandmei ini. Berhentilah mengikuti akun-akun yang tidak bisa memberikan edukasi bermanfaat dan cenderung sering menyebarkan informasi yang tidak akurat.

6. Menambah penghasilan

Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan selama pandemi. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dengan menekuni jenis pekerjaan freelance. Banyak sekali peluang freelance yang sekarang bisa dijangkau melalui media sosial.

Meskipun mungkin penghasilannya tidak sebanyak bekerja di kantoran, tetapi jenis pekerjaan ini tetap bisa dijadikan sebagai pegangan jika dijalani dan ditekuni dengan baik. 

Nah itulah beberapa cara bijak menggunakan media sosial selama masa pandemi. Apalagi intensitas pemakaian media sosial meningkat tajam ketika pandemi terjadi. Jagi pastikan untuk menggunakannya secara bijak, agar bisa mendapat manfaat yang optimal. 

Jika dirasa penggunaan media sosial mulai tidak kondusif atau tidak bermanfaat, maka berhentilah untuk sementara waktu agar pikiran bisa lebih tenang.

Share This Article :

Click here for comments 25 Comments:

  1. Tips2nya tetap bisa dipakai meski pandemi sekarang sudah berlalu, ya. Terima kasih sudah mengingatkan

    BalasHapus
  2. Aku pribadi rasanya love hate relationship sama socmed. Kadang ngerasa capek bgt keseringan buka socmed tp ya gmn lagi kerjaan berhubungan sama socmed 😅 emang kudu kitanya yg pinter2 bagi waktu dan tenaga biar nggak drained hehe thank you udah sharing ✨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada di posisi ini, ya mau nggak mau harus pinter filter informasi yang ada di medsos

      Hapus
  3. setuju banget dengan pemanfaatan media sosial di atas. Blokis semua hal yang tak penting agar tidak sia-sia waktu dan tenaga yang kita gunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes wajib blokir untuk informasi yang tidak jelas dan menyesatkan

      Hapus
  4. setuju banget Mas Hendra semua yang disebutkan itu merupakan cara-cara bijak dalam menggunakan sosial media. kita sebagai blogger juga mempunyai tanggung jawab moral untuk selalu memberikan informasi yang bermanfaat dan benar kepada pembacanya. suka heran aja banyak yang menulis dan menyebar informasi di sosial media yang tidak benar sehingga malah membuat kegaduhan. semoga semakin banyak masyarakat makin bijak dalam bersosial media

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin 🤲, semoga aja semakin banyak masyarakat yang makin bijak dalam bermain medsos

      Hapus
  5. Setuju.. Blokir informasi yang nggak penting dan bikin overthinking. Karena sejatinya media sosial tuh macem tempatnya segala macam informasi. Kita sendiri yang kudu memfilter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Media sosial tempat untuk mencari hiburan, eh malah disuguhin sama racun-racun. Jadi kitanya yang wajib filter informasi

      Hapus
  6. Setuju kak, kalau ada yang gak bermanfaat bisa unfol atau ya blokir.
    Media sosial kan gak hanya buat menghibur tetapi juga meraih info yang berguna jadinya ada feedback positif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes ini langkah preventif yang bisa dilakukan, filter dan blokir sesuatu yang tidak bermanfaat

      Hapus
  7. Betulll sekali sosial media kalau dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya keuntungannya banyak sekali. Sayang banyak juga yg menjadikan sosial media tmp curhat atau kepoin gosip (gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget lah bisa cari cuan juga lewat medsos kan, hehehe

      Hapus
  8. social media sekarang bagaimana pisau bermata dua, banyak manfaat positif banyak juga dampak negatifnya. Sekarang tergantung kita, si pengguna yang bijak bermedia sosial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tergantung si pengguna medsos, mau ambil yang baik aja atau tidak, semuanya diambil mentah-mentah

      Hapus
  9. Di tengah pandemi memang media sosial mau tidak mau jadi salah satu jalan bergaul dan berbisnis, ya. Semoga kita semua bisa menggunakan media sosial dengan bijak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir semua ada di medsos ya. Mulai dari hiburan, edukasi, informasi, tips hingga bisnis. Namun ada juga sisi negatifnya. Nah inilah pentingnya kita pandai memfilter informasi yang ada di medsos

      Hapus
  10. saya sempat ingin puasa sosmed tapi tak syanggupp, hehehe. jadi saya filter aja beberapa akun untuk di hide atau malah saya unfollow kalo dirasa agak mengganggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kita puasa medsos rasanya bakalan sulit, apalagi sekarang medsos semakin beragam konten yang disajikan

      Hapus
  11. Betul..betul, sebaiknya langsung Blokir informasi yang tidak penting.
    Karena akunku ada di berbagai gadget, terlalu berbahaya kalau membiarkan kelewatan konten yang tidak sesuai dan tidak dibutuhkan untuk kesehatan. Kaya konten p*rnografi, SARA atau toxic content lainnya yang membuat kita secara langsung jadi ikut-ikutan berbuat buruk yang menyakiti orang lain.

    STOP!
    Lebih baik menyebarkan kebaikan dan konten-konten yang menghibur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kontennya nggak sehat, langsung blokir aja dehh

      Hapus
  12. Saya biasanya manfaatin sosial media buat liat isu yang lagi hangat dan juga ilmu-ilmu baru yang bermanfaat. Kalau ada informasi hoax langsung aja deh itu akun di block, tidak lupa pula untuk di report hihihi.

    BalasHapus
  13. Bijak bermedia sosial di masa sekarang penting banget ya, Kak. Maka alih-alih memanfaatkannya secara asal, mending buat nambah penghasilan, memperluas jaringan pertemanan, dan menjadikannya sebagai media yang bermanfaat saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini, betul banget yang dibilang Mba Monica, mending dimanfaatin untuk hal-hal positif aja

      Hapus
836955841360431299