LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Pengeluaran yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

Pengeluaran Menjelang Lebaran

Saya akui, jumlah pengeluaran menjelang lebaran bisa sangat tinggi. Jika tidak pintar-pintar mengatur keuangan, pastinya akan kewalahan dengan berbagai kebutuhan menjelang lebaran. Kebutuhan yang sebelumnya mungkin tidak ada, akan muncul saat lebaran tiba. Berdasarkan pengalaman pribadi, ada beberapa pos pengeluaran yang harus saya siapkan menjelang lebaran.

Kebutuhan setiap orang pastinya berbeda-beda. Semakin banyak kebutuhannya, maka semakin besar jumlah pengeluaran yang perlu dipersiapkan. Maka dari itu, pengelolaan keuangan menjelang lebaran tetap harus direncanakan dengan baik. Tujuannya agar finansial tetap berjalan dengan lancar dan tidak sampai berutang ke sana ke mari.

Pengeluaran sekecil apapun saat lebaran, tetap harus dibuat anggarannya. Maka dari itu, perlu perencanaan keuangan yang baik agar tidak kewalahan menghadapi berbagai biaya yang muncul. Berikut ini, saya bagikan artikel yang akan membahas mengenai pengeluaran apa saja yang harus kamu siapakn menjelang lebaran, beserta tips menyiasatinya.

Pengeluaran yang Harus Kamu Siapkan Menjelang Lebaran Agar Tidak Kekurangan Anggaran

Setiap Muslim pastinya sangat bergembira dalam menyambut lebaran yang jatuh setiap satu tahun sekali. Untuk merayakannya, tidak jarang seseorang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Bagi sebagian orang, bahkan angkanya bisa dibilang fantastis.

Selain perencanaan keuangan yang matang, kamu juga harus mempersiapkan pengeluaran-pengeluaran yang akan muncul menjelang lebaran. Apa saja sih pengeluaran tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini ya :

1. Pengeluaran untuk zakat (amal)

Setiap muslim wajib membayar zakat fitrah. Sebaiknya alokasikan dana untuk zakat fitrah maupun zakat lainnya, misalnya zakat amal atau zakat profesi. Sebelum lebaran tiba, hitung berapa persen besar zakat yang akan dikeluarkan. Catatlah pengeluaran sedetail mungkin, agar tidak ada yang terlewat.

Tips : Jika masih bingung, kamu bisa menghitung zakat menggunakan kalkulator zakat yang bisa diakses secara online. Tentukan zakat apa saja yang akan kamu bayarkan, kapan mau dibayarkan dan pilih pembayaran secara online atau offline.

2. Biaya mudik

Jika kamu berencana untuk mudik ke kampung halaman tercinta saat lebaran nanti, maka kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya secara matang. Mulai dari biaya untuk mudik, transportasi yang akan digunakan hingga durasi perjalanan mudik. Biaya mudik biasanya meliputi biaya transportasi, biaya bensin, biaya tol, makan hingga membeli oleh-oleh.

Tips : Jika kamu memilih menggunakan transportasi umum, cari promo tiket dari jauh-jauh hari agar biayanya lebih murah. Namun jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka catat pengeluaran penting, seperti biaya bensin, biaya tol, service kendaraan dan biaya lainnya.

3. Pakaian baru

Sudah menjadi tradisi di Indonesia jika lebaran identik dengan pakaian yang serba baru. Makanya tidak heran jika banyak pusat perbelanjaan maupun e-commerce yang berlomba-lomba menawarkan diskon besar dan promo menarik, mulai dari baju muslim, celana, sandal, sepatu dan aksesoris. Saya akui tawaran tersebut memang sangat menggiurkan. Namun, jangan sampai kalap dan berlebihan hanya untuk membeli pakaian baru.

Tips : Susun budget secara matang untuk membeli pakaian baru. Tidak ada salahnya manfaatkan tawaran promo dan diskon yang ada ketika ingin belanja pakaian. Belilah pakaian yang memang benar-benar dibutuhkan. Jika masih bagus, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membeli pakaian baru.

4. Biaya makanan lebaran

Untuk urusan makanan saat lebaran, biasanya biayanya akan sangat tinggi. Apalagi bagi kamu yang memiliki keluarga besar, tentu saja akan menyajikan menu makanan yang jumlahnya tidak sedikit. Misalnya saja untuk membuat ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng kentang, kue lebaran, makanan ringan untuk sanak saudara yang berkunjung dan lain sebagainya.

Tips : Untuk meminimalisir pengeluaran yang lebih besar, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memasak sendiri makanan lebaran dan membuat kue lebaran sendiri. Buat anggaran untuk hidangan lebaran yang diperlukan. Buatlah daftar belanjaan yang dibutuhkan, agar memudahkanmu saat belanja ke pasar nantinya.

5. Biaya yang akan dihabiskan selama liburan di kampung

Pertimbangkan juga biaya yang akan kamu habiskan selama tinggal di kampung, sehingga tidak membebani saudara, nenek atau orang tua yang tinggal di kampung. Susun budget untuk biaya makan sehari-hari, jajan, jalan-jalan hingga berbagi THR ke sanak saudara atau tetangga. Dengan demikian, kamu tidak perlu pusing lagi akan kehabisan uang, karena segala sesuatunya telah direncanakan dengan matang sebelumnya. 

Tips : Buatlah perencanaan keuangan yang matang khusus untuk pengeluaran selama kamu tinggal di kampung. Karena biasanya ada saja pengeluaran tidak terduga yang mesti kamu persiapkan selama tinggal di kampung. Intinya sisihkan sebagian pendapatan untuk menyusun pos anggaran ini.

6. Biaya pasca mudik

Pengeluaran yang harus dipersiapkan menjelang lebaran adalah biaya setelah kamu mudik. Ini penting banget kamu persiapkan agar kamu tidak kehabisan uang setelah mudik. Biasanya momen mudik lebaran rata-rata berlangsung selama sepekan, selebihnya kamu akan menjalani kehidupan seperti biasa. Kamu mesti bertahan hidup hingga menunggu gajian berikutnya.

Tips : Biaya pasca mudik merupakan salah satu biaya yang tidak kalah pentingnya. Jangan sampai kamu menghabiskan seluruh uang gaji dan tabungan hanya untuk liburan lebaran saja. Sementara setelah lebaran kamu malah kehabisan uang, karena tidak direncanakan sebelumnya.

7. Dana darurat

Jangan lupa, selalu siapkan dana darurat untuk meng-cover biaya-biaya yang tidak terduga yang bisa saja muncul tanpa permisi. Misalnya saja kendaraan yang dipakai mudik mogok di tengah perjalanan, kecelakaan atau ada anggota keluarga yang sakit. 

Tips : Setelah menyiapkan pos anggaran mudik, jangan lupa siapkan dana darurat. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak menggunakan uang tabungan untuk meng-cover biaya-biaya tidak terduga selama mudik. Uang tabungan aman, liburan jadi lebih tenang. Jika uang dana darurat tidak terpakai, kamu bisa mengalokasikannya untuk biaya mudik tahun selanjutnya. 

Konklusi

Dengan mengetahui apa saja pengeluaran menjelang lebaran, maka kamu bisa menyusun pos-pos untuk anggaran selama kamu mudik hingga kembali dari kampung halaman. Cara ini , tentu saja akan menyelamatkan uang tabungan kamu sekaligus menjaga stabilitas finansial tetap sehat pasca lebaran.

Coba kamu bayangkan, jika kamu tidak menyusun anggaran untuk pengeluaran tersebut, apa yang akan terjadi? Keuangan kamu akan kacau. Tabungan kamu bisa saja terpakai untuk menutup biaya-biaya yang tidak kamu hitung sebelumya. Bahkan liburan lebaran jadi kurang tenang, karena kamu dilanda rasa khawatir akan kehabisan uang selama liburan di kampung halaman.

Nah, maka dari itu, sangat penting untuk mencari tahu apa saja pengeluaran yang wajib kamu persiapkan menjelang lebaran. Semoga artikel ini bisa bermanfaat sekaligus memotivasi kamu untuk lebih aware lagi dalam merencanakan keuangan sebelum lebaran hingga pasca lebaran.

Share This Article :

Click here for comments 2 Comments:

  1. Setujuuu mas. Kalo aku sendiri tertolong sih dengan adanya THR dari kantor. Dan cukup banget buat bayar biaya thr asisten, thr utk ortu dan ponakan, utk mudik, baju baru dan beli kue. Juga zakat pastinya. Tapi kalo seandainya thr tidak mencukupi, mah ga mau menurutku hrs ada tabungan rutin utk mempersiapkan itu. Jd di hariH ga repot dan keteteran. Krn biar gimana yg namanya biaya lebaran gini perlu sih dipersiapkan yg baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh itu dia Mba Fanny. Segala sesuatunya perlu dipersiapkan dengan baik, termasuk perencanaan kebutuhan THR. Terima kasih sudah berkunjung yaa

      Hapus
836955841360431299