LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

5 Cara Merawat Hoodie Hitam Agar Tidak Luntur dan Mudah Pudar

Cara Merawat Hoodie Hitam Agar Tidak Mudah Pudar

Seringkali saya memakai hoodie atau sweater untuk beraktivitas di luar rumah. Misalnya saja ketika berangkat kerja naik motor atau sekadar hangout bersama teman-teman. Alasannya karena hoodie atau sweater ini penggunaannya simpel dan modelnya beragam. Makanya jangan heran jika banyak yang memakai hoodie atau sweater untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Saking seringnya saya memakai hoodie atau sweater saat naik motor, lama kelamaan warna hitamnya terlihat perlahan mulai pudar. Menurut saya, mau merek sebagus apapun, kalau keseringan terpapar sinar matahari, pasti warna hitamnya bakalan memudar. 

Agar warna hitam tidak cepat memudar, saya pun penasaran mencari tahu bagaimana cara menghitamkan hoodie atau sweater yang pudar. Meski warnanya tidak bisa kembali lagi persis seperti ketika pertama kali membeli, tetapi setidaknya tidak kelihatan terlalu kusam. 

Setiap kasus pastinya bakalan berbeda-beda. Jika warna hitamnya sudah berubah jadi abu-abu gelap atau hitam keputihan, mungkin bakalan lebih sulit. Namun tidak ada salahnya jika kamu mau mencoba cara menghitamkan hoodie, sweater ataupun jaket kamu, dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini. Sebelum lanjut ke pembahasan inti, simak dulu yuk penyebab warna hitam pada hoodie atau sweater mudah pudar.

Penyebab Warna Pada Hoodie atau Sweater Memudar 

Warna hoodie atau sweater yang mulai memudar, tentu saja akan terlihat kusam dan seperti tidak terawat. Padahal mungkin saja kamu sudah merawatnya semaksimal mungkin, seperti merawat anak sendiri, hehehe...Mungkin kamu penasaran bukan, apa saja sih yang menyebabkan hoodie atau sweater hitam bisa cepat pudar warnanya? Simak yuk poin-poinnya di bawah ini :

1. Usia pemakaian hoodie, jaket atau sweater 

Seiring waktu berjalan, kondisi hoodie atau sweater yang kamu pakai akan mengalami kerusakan dan perubahan warna secara alami. Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan yang intens dan faktor usia dari hoodie, jaket atau sweater.

Selama memakai hoodie atau sweater, seringkali mengalami gesekan, bahkan bisa saja disebabkan karena penyimpanan yang kurang tepat. Namun hal ini masih dianggap sebagai kondisi yang wajar. Sebagai solusinya, kamu bisa menerapkan cara perawatan hoodie atau sweater yang tepat.

2. Paparan sinar matahari langsung 

Penyebab warna hitam pada hoodie, sweater atau jaket cepat memudar adalah karena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini disebabkan sinar UV dari matahari bisa memicu proses oksidasi yang akan merusak serat dan pigmen yang terkandung pada bahan pakaian.

Akibat paparan sinar UV inilah bisa menyebabkan memudar warna aslinya, terutama warna hitam. Agar tidak cepat memudar, kamu bisa menjemurnya di tempat yang agak teduh alias tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

3. Penggunaan detergen yang berlebihan 

Mencuci dengan menggunakan detergen, akan meninggalkan residu yang lama kelamaan membuat hoodie hitam terlihat kusam dan pudar. Apalagi jika kamu seringkali mencuci hoodie dengan menggunakan detergen yang berlebihan.

Tips Cara Merawat Hoodie, Sweater atau Jaket Hitam Agar Tidak Mudah Pudar 

Banyak orang menyukai warna hitam, seperti pada warna hoodie, jaket ataupun sweater. Sepertinya setiap orang memiliki setidaknya satu baju berwarna hitam di dalam lemarinya, benar bukan? Namun alangkah kesalnya ketika hoodie kesayanganmu makin lama warna hitamnya semakin memudar. 

Penyebabnya bisa jadi karena pemakaian yang sudah lama atau cara perawatannya yang kurang tepat. Namun kamu tidak perlu khawatir. Kamu masih bisa menjaga warna hitam pada hoodie, jaket dan sweater kesayanganmu dengan mengikuti tips-tips di bawah ini :

1. Hindari mencuci hoodie terlalu sering 

Sebaiknya hindari mencuci hoodie terlalu sering. Selain untuk menjaga kualitas warnanya, juga mencegah bahan hoodie menjadi belel atau melar. Sebelum mencuci, pastikan cek label yang ada di kerah terlebih dulu untuk melihat panduan atau anjuran mencuci hoodie, sesuai dengan kain atau bahan hoodie tersebut.

2. Balik bagian dalam hoodie saat mencuci 

Agar tidak tercampur dengan pakaian warna lainnya, pisahkan hoodie warna hitam saat ingin mencuci. Bagian depan hoodie rentan mudah terkikis warnanya jika sering terkena detergen. Untuk melindungi bagian luar/depan hoodie, maka cucilah dengan cara membalik bagian dalam hoodie menjadi di bagian luar.

3. Gunakan air dingin 

Hoodie yang sudah dibalik, lalu direndam dengan air dingin. Hindari menggunakan air hangat atau air panas, karena akan menyebabkan hoodie menjadi luntur dan pudar warnanya. Hindari menggunakan pemutih pakaian dan gunakan detergen khusus untuk baju.

4. Jemur hoodie di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung

Car Hindari menjemur hoodie di bawah sinar matahari langsung. Sinar UV dari matahari bisa merusak warna pakaian dan membuat hoodie hitam terlihat lebih pudar. Sebaiknya pilih tempat menjemur yang teduh, agar warnanya tidak mudah pudar. Cukup digantung dan diangin-anginkan saja untuk mengeringkannya.

5. Setrika dengan cara yang benar 

Setelah hoodie kering, setrika dengan suhu panas sesuai yang tertera pada label hoodie. Karena tidak semua kain yang digunakan untuk pakaian warna hitam bisa terkena suhu panas. Waspada ketika menyemprotkan pewangi untuk setrika, karena kandungan kimianya bisa merusak warna pakaian.

Detergen untuk Baju Warna Hitam 

Penting untuk diperhatikan dalam memilih detergen yang tepat untuk pakaian warna hitam, termasuk salah satunya hoodie, sweater atau jaket. Pasalnya, detergen yang digunakan untuk mencuci baju warna hitam sangat berpengaruh dalam menjaga warna pakaian agar tidak mudah luntur dan pudar.

Sebelum kamu mencuci hoodie hitam, pastikan kamu memilih detergen yang khusus untuk baju hitam atau berwarna. Hindari menggunakan detergen yang mengandung pemutih.

Pakai detergen yang mengandung bright activator dan oksigen aktif. Kedua kandungan ini, ternyata bisa menjaga kualitas warna baju agar tidak mudah luntur dan pudar. Bahkan detergen dengan kandungan tersebut bisa menyerap ke dalam serat kain dan ampuh mengangkat noda.

Disarankan untuk memilih detergen yang minim busa, agar kamu tidak terlalu lama membilas sekaligus menghindari kucekan yang berlebihan. Sebaiknya pilih detergen cair, agar tidak meninggalkan bubuk detergen pada baju warna hitam. Detergen yang tertinggal di baju dan terlalu lama mengucek hoodie, akan menyebabkan warna hoodie menjadi luntur dan pudar.

Konklusi

Sebenarnya wajar saja sih jika hoodie hitam kamu memudar warnanya akibat pemakaian yang sudah cukup lama, terlebih jika sudah melewati proses pencucian berulang kali. Namun yang tidak wajar adalah ketika kamu membeli hoodie baru, tetapi warnanya sudah pudar dan bahannya juga cepat belel atau melar. Apalagi sampai warnanya luntur. Berarti kamu perlu mempertanyakan kualitas dari hoodie tersebut.

Selain memilih kualitas bahan hoodie yang bagus, kamu juga perlu memperhatikan proses pencuciannya atau cara perawatannya. Hal ini penting dilakukan agar hoodie kamu lebih awet, warnanya tidak cepat pudar hingga tidak merusak struktur hoodie.

Kamu bisa memilih hoodie atau sweater merek Hush Puppies sebagai salah satu brand fashion yang sudah terkenal di masyarakat. Sekali lagi, apapun merek hoodie atau sweater kamu, perhatikan dengan baik cara merawatnya ya guys. Sayang kan, hoodie baru beli, tapi malah cepat pudar dan melar. 

Nah, demikian cara merawat hoodie agar tidak mudah pudar. Semoga bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan baru, khususnya seputar dunia fashion.

Share This Article :

Click here for comments 14 Comments:

  1. Saya juga melakukan jal seperti itu
    Warna jadi awet

    BalasHapus
  2. Benar sekali Mas Hendra. Sebagus dan semahal dan juga dari merk terkenal, pasti lama-lama akan memudar atau bladus ya. Sama punya saja, memudar, karena selalu dipakai naik motor. Kena matahari hehehe. Jadi solusinya, saya punya 2. Gantian dipakai. Biar tidak terlalu sering dicuci juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar nggak bladus, baiknya hoodie dibalik saat naik motor Mas. Jadi lebih awet warnanya nggak cepat kusam dan pudar, hehehe... Coba deh dipraktekin

      Hapus
  3. tantangan banget sih punya baju warna hitam tuh, n ternyata yang bahan model hoodie gini cepet pudar ya kalau ngasal ngerawatnya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya warna hitam paling mudah kena noda atau kusam sedikit langsung kelihatan belangnya

      Hapus
  4. Orang serumah kayanya pada hobi pakai warna Hitam. Dimana warna ini bisa dibilang cukup tidak aman kalau mencuci dan merawatnya kurang tepat.

    Beberapa kali, kalau mencuci menggunakan mesin cuci Dan ga sengaja ada tisu di dalam kantong, pasti si warna Hitam paling sulit dihilangkan bekas tisunya.

    Jadi memang perlu banget memerhatikan tips di atas dan menerapkannya agar hoodie Hitam bisa awet warnanya lebih lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya rata-rata pada suka pakaian warna hitam. Soalnya warna hitam paling keren sih, hehehe

      Hapus
  5. Ooh malah gak boleh pake deterjen banyak2 ya? Suamiku nih yg suka pakai hoodie hitam.
    Nanti dipraktekkan ah agar hoodienya tetap awet. Makacii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detergen mengandung bahan kimia yang cukup kuat. Kalo berlebihan, khawatir akan merusak serat pakaian, terutama yang berwarna hitam, termasuk hoodie, sweater atau jaket hitam

      Hapus
  6. Sama kak, favorit saya juga hoodiean ... cuma agak taubat kalau lagi di Karawang, karena panasnya gak ketulungan hehe. Waaah kayaknya nih hoodie hitam saya jadi cepet kusam karena kalau nyuci kadang gak dibalik dan jemurnya kena matahari langsung huhu. Oke deh besok2 beli detergen yang mengandung bright activator dan oksigen aktif supaya warna baju tetap terlindungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu dong. Saya juga seringnya pakai hoodie dong. Soalnya simpel. Tapi ya itu, kalo warna hitam tuh kudu banget hati-hati merawatnya

      Hapus
  7. Apa hanya saya yaa yang cuex dan baru sadar ternyata jenis detergen beragam, selama ini tu kalau beli mana yang lagi diskon murah🤭🤭...
    Warna hitam lama2 bisa bladuss gak hitam pekat lagi krn proses pencucian yaaks..

    (Gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaahhh, besok² bisa lah cobain pilah pilih detergen khusus untuk baju hitam. Urusan hasilnya ya belakangan. Yang penting ikhtiar aja dulu ygy

      Hapus
836955841360431299