LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Cara Memanfaatkan Liburan Agar Menghasilkan Cuan

Liburan Mendapatkan Uang

Momen liburan menjadi momen yang paling saya tunggu. Biasanya saya menghabiskan liburan selama empat hingga lima hari dalam sebulan. Saya mengunjungi beberapa tempat wisata yang berbeda di kampung. Jadi, intinya saya mencoba tempat wisata satu per satu biar tidak penasaran, hehehe...

Selain menikmati keindahan alam dan kuliner lokal, saya juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal sekaligus mengetahui kebiasaan dari suatu daerah. Namun, belakangan ini, yang namanya berlibur tidak hanya melulu bersenang-senang, tetapi juga berpeluang untuk menghasilkan uang atau cuan.

Ada begitu banyak aktivitas yang bisa kita lakukan saat bepergian. Selain mengabadikan momen liburan bersama orang-orang tercinta, berlibur juga bisa meraup penghasilan lho. Simak yuk ulasan lengkapnya di bawah ini!

Dapatkan Cuan Saat Liburan dengan Melakukan 5 Hobi di Bawah Ini

Berlibur sangat identik dengan jalan-jalan dan menghabiskan uang. Faktanya, kamu bisa tetap mendapatkan uang meski sedang menikmati liburan lho. Salah satunya dengan menekuni hobi. Pastinya menjadi hal menarik di saat hobi bisa dilakukan sepanjang liburan, apalagi jika menghasilkan. 

Lalu, hobi apa saja yang bisa menghasilkan cuan ketika pergi berlibur? Berikut ulasannya ya guys!

1. Fotografi

Traveling dan fotografi seolah tidak bisa dipisahkan di era modern seperti sekarang ini. Keduanya merupakan kombinasi yang tepat bagi para pelancong modern. Dengan berbekal kamera ponsel atau kamera profesional, kita tidak hanya bisa mengabadikan kenangan yang tidak terlupakan, tetapi juga berpeluang besar untuk menghasilkan uang melalui hobi fotografi.

Jika kamu hobi fotografi, manfaatkan momen liburan dengan mengabadikan spot-spot indah dan menarik, dengan menjual foto-foto berkualitas kepada situs web stok foto. Menurut website exabytes.co.id, setidaknya ada lebih dari 10 situs web tempat jual foto online dengan bayaran yang cukup lumayan.

  • ShutterStock
  • Getty Images
  • Adobe Stock
  • Foap
  • Alamy
  • Dreamstime
  • FreeDigitalPhotos.net
  • Depositphotos
  • iStockphoto
  • 500px
  • Smugmug Pro
  • Stocksy
  • EyeEM
  • Fotolia

Setiap pengguna mengunduh foto yang di-upload, akan ada timbal balik berupa royalti. Cara yang asyik untuk menghasilkan uang dari karya-karya fotografi.

2. Menulis

Menulis merupakan salah satu hobi saya yang terbukti mampu menghasilkan cuan. Saya menulis artikel melalui platform blog atau website. Dan ini merupakan sumber cuan yang sangat diminati oleh para blogger. Selama momen liburan, kamu bisa membagikan pengalaman cerita menarikmu selama berlibur ke dalam blog atau website. Bagikan perjalananmu di sana dan siap-siap mendapatkan uang.

Dengan mengelola blog kategori travel atau lifestyle, bukan tidak mungkin kamu bakalan menghasilkan uang melalui iklan, sponsor atau menjual produk afiliasi terkait perjalananmu. Banyak juga loh travel blogger yang di-endorse perusahaan perjalanan atau sejenisnya. Lumayan kan, kamu bisa dapetin penghasilan sekaligus jalan-jalan gratis.

3. Melukis

Melukis merupakan salah satu hobi yang bisa menghasilkan uang. Ketika kamu bepergian ke berbagai destinasi wisata menarik, kamu bisa mengekspresikan perjalananmu melalui lukisan. Kamu bisa melukis pemandangan alam yang indah dan cantik.

Kamu bisa membuat lukisan pemandangan alam, arsitektur lokal atau suasana di tempat liburan liburan berdasarkan inspirasi yang kamu temukan selama berlibur di sana. Selanjutnya kamu bisa menjual hasil karya lukisanmu melalui galeri seni lokal, toko souvenir atau bahkan secara online.

4. Kolektor barang

Kamu juga bisa menawarkan layanan penemuaan atau penyediaan barang koleksi kepada orang lain. Banyak kolektor yang mencari barang-barang khusus, tetapi biasanya mereka tidak punya banyak waktu atau pengetahuan untuk mencarinya sendiri. Ketika kamu berlibur ke destinasi baru, kamu bisa memanfaatkan kesempatan untuk mencari barang antik atau koleksi lokal yang unik, mulai dari perhiasan, kerajinan tangan, seni atau barang-barang lainnya yang memiliki nilai koleksi yang bisa ditemukan di tempat tertentu saja.

Setelah kamu mendapatkan barang antik tersebut, selanjutnya kamu bisa menjualnya melalui pasar antik, toko khusus atau secara online. Namun, jika kamu memiliki banyak sekali barang antik dan unik, kamu bisa membuka sendiri toko online, sehingga kamu membuka peluang untuk mendapatkan pasar yang lebih luas lagi.

5. Membuka jasa titip

Jasa titip atau jastip menjadi populer di kalangan traveler. Bisnis jastip adalah usaha menawarkan pembelian di sebuah tempat atau destinasi agar mendapatkan keuntungan di tiap harga barang yang dibeli. Menariknya, jasa ini tanpa modal, karena nantinya kamu akan membeli barang tersebut setelah mendapatkan pesanan, selanjutnya menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Sebelum berlibur, kamu bisa membagikan informasi produk apa saja yang ingin kamu sediakan dalam pre-order tersebut. Produk yang ingin dibeli tentunya berada di lokasi di mana kamu berlibur. Misalnya ketika kamu liburan ke Labuan Bajo, maka kamu bisa menawarkan produk khas lokal, seperti kain songke Manggarai, Pia Bajo, produk kreatif dengan aksen kain songke dan lain sebagainya.

Konklusi

Berlibur sambil mendapatkan penghasilan tentu menjadi suatu aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain itu, menghasilkan uang melalui hobi saat liburan bisa membantu menekan biaya perjalanan atau bahkan menjadi sumber pendapatan tambahan yang hasilnya lumayan.

Sebelum kamu berlibur, pastikan kamu sudah membawa seluruh perlengkapan yang dibutuhkan selama liburan, mulai dari memilih tas ransel yang tepat, pakaian yang ingin dipakai selama berlibur, obat-obatan, gadget dan keperluan traveling lainnya.

Semoga bermanfaat.

Share This Article :

Click here for comments 22 Comments:

  1. Iyaa Mas, sebagai content creator, liburan juga sekalian ngonten dan dapat cuan. Yang penting kreatif dan mau syuting atau nulis review tempatnya, nanti rezekinya juga datang. Bener2 jadi liburan yg produktif.

    BalasHapus
  2. jastip sempet viral nih ya dan prospeknya bagus, tapi karena banyak kasus bea cukai jadi kurang juga. Menulis dan fotografi sih yang paling aman dan bisa eksplore.

    BalasHapus
  3. Saya suka ngebolang, Mas. Selain pikiran fresh, juga dapat banyak tulisan. Nah, saat ini saya kepengin bisa bekerja darimana saja. Jadi bisa ke berbagai tempat, namun tetap bisa bekerja menghasilkan uang. Saat ini saya bisanya hanya dari menulis.

    BalasHapus
  4. Kita memang harus jeli dalam melihat peluang ya kak. Saya juga sering lho melakukan itu, saya beli skincare terus pengalaman saat memakainya saya bikin konten. Lumayan sih. Beberapa kali kerja sama dengan brand, dapat support skincare gratis.

    BalasHapus
  5. Sangat setuju ini membuka jasa jastip, pernah juga waktu pulang indo buka jasa jastip, cuma ya disini Musti ada tenaga extra, apalagi klo pulang cuma sama anak. Belum lagi urusan imigrasi. Tapi klo lolos ya pasti dapat cuan

    BalasHapus
  6. Dari jalan2 emg bs banget tuh kang utk cari cuan. Aku jg udh membuktikannya dgn jd conten creator. Hrs nambah skill jg sih utk bs bgs dlm menulis, fotografi, photo editing dan video editing. Seru bgt sih sekalian jalan2 eh dpt cuan.

    BalasHapus
  7. Daku udah pernah jajal jual foto ke beberapa pilihan tersebut. Cuma memang kudu konsisten upload sih ya, biar mudah dilirik.
    Lah daku uploadnya ketika inget aja, jadilah peluangnya masih sesuatu wkwkwk

    BalasHapus
  8. Woh iya nih
    Peluang ya
    Liburan bisa sekalian berburu cuan
    Sekarang paling banyak sih jasa jastip ya

    BalasHapus
  9. Wah, fotografi emang bikin liburan makin seru ya! Nggak cuma bisa abadikan momen indah, tapi juga bisa jadi sumber penghasilan. Dulu aku suka foto-foto aja buat kenang-kenangan, tapi sekarang mulai kepikiran buat coba jual foto online. Thanks for sharing! 📸💰

    BalasHapus
  10. Wah aku juga sebagai salah satu pelaku jastip nih kalau lagi liburan.. lumayan rempong sih, tapi dapetnya lumayan banget hehehe

    BalasHapus
  11. Seru semua idenya. Tinggal pilih mana yang paling enjoy dijalani biar cuan datang tapi liburan juga tetap asyik. Kalo yang pada dasarnya suka belanja, liburan sambil buka jastip tuh oke banget.

    BalasHapus
  12. Sambil menyelam minum air dong, liburan dapat, cuan pun didapat ya, kadang terlalu menikmati liburan akhirnya lupa mau nulis apa, itu kalau saya sih hehe

    BalasHapus
  13. Wah kalau liburan kadang malah ga sempat pegang gadget. Tapi boleh juga idenya untuk buka jastip karena saya senang berbelanja

    BalasHapus
  14. Jasa titip menjadi salah satu liburan menghasilkan uang dan belakangan ini juga sedang booming, sayangnya saya yang kalau trip ga mau ribet itu malah jadi ga menyenangkan travelingnya, padahal banyak teman-teman yang buka jastip dan memang lumayan

    BalasHapus
  15. Liburan makin cuan dengan berbagai macam hobi. Asal ada kemauan untuk berusaha, hobi pun bisa mendatangkan pundi-pundi ya, Mas. Gas yuk, dalami hobi kita

    BalasHapus
  16. nah iya, liburan pun bisa dimanfaatkan untuk cari cuan. aku jadi inget temenku yang buka jastip online. mereka suka belanja di malaysia dan thailand

    BalasHapus
  17. Wah ini sih liburan yg nguntungin banget. Pulang liburan bukannya capek, tapi malah seneng karena balik modal, haha...

    BalasHapus
  18. Waaahhh... ternyata ada banyak banget situs web tempat jual foto online dengan bayaran yang cukup lumayan ya kak. Wajib banget dicoba nih, biasanya kalau liburan memori penuh dengan foto. Bisa banget dikirim untuk dijual di situs web.

    BalasHapus
  19. Saya masih pengin jual foto di shutterstock. Ada tutorialnya gak, Kak?

    BalasHapus
  20. Waya juga kadang nggak kepikiran dari fotografi itu bisa menghasilkan Cuan. terus kayak kalau pergi liburan itu bisa buka jastip. Kayaknya buka jastip ini menguntungkan jadi kayak seolah ditambahin ongkosnya pp sama yang nitip

    BalasHapus
  21. Cerdas banget sii..
    Aku bener-bener salut sama yang liburan, tapi masih tetap bisa mengembangkan bisnisnya.

    Setuju banget untuk membuka jastip.
    Lagi tren sekarang tuh, apalagi yang tripnya ke BKK. Rasanya barang BKK tuh TOP banget di Indonesia.

    BalasHapus
  22. Palingan yg aku lakuin jastip mas,😁. Tapi itu juga ga selalu. Krn kalo memang pengen menikmati liburan, aku malah ga akan terima jastip apapun. Krn berat juga sih, kecuali memang tujuan utamanya pengen cari tambahan income dari jastip ya. Pas ke US paling berasa, ditambah perbedaan waktu pagi malam, makin susah komunikasinya hahahahahah. Emang ga bakat jastiper 🤣

    BalasHapus
836955841360431299