LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Serupa tapi Tak Sama. Kenali Perbedaan Pusing dan Sakit Kepala

Perbedaan Pusing dan Sakit Kepala

Siapa yang masih bingung membedakan antara pusing dan sakit kepala? Pasti sebagian besar dari kamu menganggap bahwa keduanya adalah sama. Padahal pusing dan sakit kepala adalah dua hal yang berbeda. Jika gejala pusing yang dirasakan adalah sensasi berputar-putar, sementara sakit kepala menimbulkan gejala nyeri di kepala.

Rasa sakit yang dirasakan seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Gangguan ini pastinya bakalan menyulitkan kamu untuk berpikir, karena rasa sakit dan nyeri yang timbul. Gangguan tidak nyaman pada kepala biasanya pusing dan sakit kepala. Meski sama-sama menyerang kepala, tetapi keduanya adalah hal yang berbeda.

Tidak sedikit orang yang menganggap jika pusing dan sakit kepala sama saja. Kekeliruan ini menyebabkan dokter salah dalam melakukan diagnosis yang berakhir pada pengobatan yang salah. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mencari tahu apa perbedaan antara pusing dan sakit kepala.

Perbedaan Pusing dan Sakit Kepala

Seperti dilansir dari laman halodoc.com, bahwa bisa saja seseorang merasakan sakit kepala dan pusing secara bersamaan. Pusing dan sakit kepala dapat membuat kepala terasa seperti berputar. Tidak hanya itu saja, terkadang gejala yang ditimbulkan pun mirip satu dengan yang lainnya. 

Agar tidak salah lagi dalam melakukan diagnosis, berikut adalah beberapa perbedaan antara pusing dan sakit kepala yang perlu kamu ketahui :

Pusing

Gelaja umum yang ditimbulkan ketika merasakan pusing adalah seperti berputar-putar dan akan mengganggu keseimbangan tubuh. Pusing dapat muncul secara mendadak, lalu hilang kembali, lalu muncul lagi setelah beberapa saat.

1. Sensasi seperti akan pingsan

Perbedaan pusing dan sakit kepala dari sisi gejala adalah tubuh akan merasakan pingsan secara tiba-tiba. Hal ini biasanya disebabkan oleh tekanan darah yang turun tanpa aba-aba ketika seseorang duduk dalam waktu yang cukup lama, kemudian bangun dari duduk secara tiba-tiba. 

Hal ini disebabkan kurangnya pasokan darah ke otak. Untuk kasus yang lebih parah, kelainan ini dapat menyebabkan penyakit gagal jantung serta gangguan pada ritme detak jantung.

2. Sensasi berputar

Sensasi berputar juga termasuk dalam gejala pusing yang umum dialami seseorang. Gejala ini adalah umum ketika seseorang mengalami penyakit vertigo. Tidak hanya itu saja, pusing dengan sensasi berputar juga dapat terjadi ketika seseorang mengidap infeksi telinga bagian dalam, vestibular, neuritis, migrain dan penyakit meniere.

3. Hilang keseimbangan

Efek dari pusing yang juga dirasakan adalah tubuh kehilangan keseimbangan atau limbung. Tidak seperti sakit kepala, pusing dapat menyerang bagian otak yang dekat dengan telinga yang berfungsi untuk menjaga tubuh tetap seimbang. Ada beberapa hal yang dapat menimbulkan gangguan ini, di antaranya penyakit Parkinson, gangguan rangsangan pada telapak kaki atau penglihatan yang kurang jelas.

Sakit Kepala

Berbeda dengan pusing, sakit kepala merupakan suatu gangguan yang dapat menimbulkan rasa nyeri di kepala dan dapat menjalar ke organ tubuh di sekitarnya. Biasanya gangguan sakit kepala disebabkan ketika kondisi tubuh kurang fit. 

Berikut beberapa jenis gangguan sakit kepala yang perlu kamu ketahui :

1. Sakit kepala primer

Sakit kepala primer biasanya disebabkan adanya kelainan pada kepala. Kelainan ini juga dapat disebabkan oleh gangguan pada otot, leher, pembuluh darah hingga saraf. Beberapa jenis sakit kepala primer yang biasa terjadi di antaranya Tension Type Headache, Cluster Headache dan migrain.

2. Sakit kepala sekunder

Sakit kepala sekunder disebabkan karena adanya gangguan organ tubuh yang lainnya, lalu menjalar ke kepala. Beberapa gangguan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala sekunder ini adalah gejala dari sinusitis, infeksi yang terjadi pada telinga, gangguan yang berhubungan dengan gigi, gangguan penglihatan (glaukoma) dan perubahan hormon setelah mengonsumsi pil kontrasepsi.

Nah, itu dia penjelasan mengenai perbedaan pusing dan sakit kepala. Dengan memahami perbedaan kedua gangguan tersebut, diharapkan kamu dapat menimalisir kesalahan dalam mengonsumsi obat. Diagnosis dari dokter juga tidak meleset lagi, sehingga dapat ditangani dengan tepat.

Semoga bermanfaat.

Share This Article :
836955841360431299