LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Perjalanan Ngeblog 10 Tahun. Ini Berbagai Keuntungan Menjadi Seorang Blogger!

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Pada awal tahun 2013 lalu, saya mulai menekuni hobi menulis melalui platform yang bernama blog (web log). Waktu itu, blog masih menjadi media andalan bagi sebagian orang untuk menulis artikel secara daring, mulai dari artikel yang berisi curhatan, opini pribadi hingga berbagi pengalaman hidup. 

Hingga tulisan ini dibuat, saya masih rajin menulis artikel di beberapa blog yang saya kelola. Namun sayangnya banyak teman blogger yang dulu sering berkunjung ke blognya, saat ini sudah berhenti ngeblog. Meski begitu, jumlah blogger semakin bertambah banyak. 

Namun dalam 10 tahun belakangan ini, blog telah mengalami masa transformasi yang sangat signifikan. Tidak hanya digunakan untuk menulis curhatan saja, tetapi blog juga bisa dijadikan sebagai ladang cuan bagi sebagian besar blogger. Termasuk saya pribadi. Berawal dari hobi menulis, kini saya bisa mendapatkan penghasilan dari menulis di blog.

Keasyikan Ngeblog Tidak Terasa Berjalan 10 Tahun. Sudah Dapat Apa Saja?

Awalnya saya hanya menulis artikel curhatan saja di salah satu blog utama yang sudah saya kelola dari tahun 2013. Namun siapa sangka lambat laun saya diajak kerja sama oleh klien untuk melakukan review atau ulasan produk mereka di blog saya. Rasanya senang bukan main. Nggak nyangka ternyata ngeblog juga bisa dapat uang.

Seiring berjalannya waktu, saya membuat beberapa blog baru lagi dengan niche atau kategori yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan. Meski agak kewalahan mengatur waktunya, tetapi tidak menyurutkan hobi saya menulis di blog-blog tersebut. Justru sebaliknya, saya malah makin semangat untuk menulis artikel.

Dari pengalaman saya ngeblog selama 10 tahun, berikut beberapa benefit atau keuntungan yang telah saya dapatkan : 

1. Bisa mendapatkan uang

Cara mencari uang dari internet salah satunya bisa dengan ngeblog. Ada beberapa cara di mana saya bisa mendapatkan uang dari ngeblog. Pertama saya mengulas produk klien di beberapa blog saya. Bisa juga ikutan program afiliasi, tetapi saya tidak pernah ikutan afiliasi, karena belum tertarik.

Dapat Uang Dari Internet

Lalu saya juga sering ikutan lomba blog. Beberapa di antaranya berhasil mendapatkan uang dari lomba tersebut. Selain mengulas produk dan ikutan lomba blog, saya juga memasang iklan AdSense di beberapa blog yang saya kelola.

2. Kesempatan nonton film gratis

Pada suatu kesempatan, saya dan beberapa teman blogger berkesempatan untuk nonton bareng di salah satu bioskop di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat. Kali ini saya mendapatkan endorse dari Ultra Voucher yang menyediakan banyak voucher untuk menunjang gaya hidup kaum urban, salah satunya voucher untuk nonton bioskop.

Blogger Nonton Bareng

Selain berkesempatan nonton film gratis, saya juga mendapatkan uang cash dan juga voucher lewat aplikasi Ultra Voucher. Tentu saja ini menjadi pengalaman berharga bagi saya. Selain bisa bertemu teman-teman blogger, saya juga bisa menonton film terbaru di bioskop secara cuma-cuma.

3. Berburu kuliner secara gratis

Di lain waktu lagi, saya dan teman-teman blogger diundang di event yang diadakan oleh AyoMakan di Senayan Park (SPARK), Jakarta Pusat. Pada kesempatan ini, saya bebas menikmati kuliner yang tersedia di SPARK. Di event ini saya bisa ketemu dengan teman-teman blogger, sehingga bisa menambah teman baru lagi.

Blogger Kuliner

Selain mendapatkan pengalaman berharga dan bisa menikmati kuliner secara gratis, saya juga mendapatkan bayaran uang cash. Wah pokoknya benar-benar puas deh. 

4. Mencoba perawatan gigi gratis

Enaknya jadi blogger itu ternyata berkesempatan mendapatkan perawatan gigi secara gratis juga. Alhamdulillah saya bisa mencoba perawatan scaling gigi di salah satu klinik gigi di BSD, Tangerang Selatan. Meski hanya treatment scaling gigi, tapi saya tidak perlu membayar sama sekali. Apalagi sekali treatment scaling bisa mencapai 800 ribu.

Perawatan Gigi Gratis

Ini menandakan jika menjadi seorang konten kreator, seperti blogger memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan endorse, termasuk perawatan gigi. Jobdesk yang diberikan juga cukup mudah, cukup menulis artikel di blog dan posting di media sosial juga.

5. Traveling gratis

Menjadi blogger juga punya kesempatan untuk bisa jalan-jalan gratis, bahkan dikasih uang saku juga. Seperti yang saya rasakan saat menjadi salah satu pemenang utama dari lomba blog dari salah satu perusahaan travel, yakni Cheria Holiday, saya dan dua pemenang lainnya berkesempatan untuk traveling ke Aceh dan Pulau Sabang. Semuanya gratis. Selain itu juga mendapatkan uang saku.

Hadiah Traveling ke Aceh

Jujur aja, hadiah traveling ini sekaligus menjadi hadiah lomba blog yang paling berkesan bagi saya. Selain ikutan lomba blog, travel blogger juga punya peluang besar bisa jalan-jalan gratis disponsori oleh banyak klien, terutama dari perusahaan travel dan pemesanan tiket online.

6. Bertemu banyak teman baru

Keuntungan menjadi blogger yang lainnya adalah bisa ketemu banyak teman baru yang satu circle. Jika ada event offline, ini menjadi kesempatan baik untuk ketemu teman-teman blogger. Jarang-jarang kan bisa kopdaran. Apalagi saat pandemi, hampir 2 tahun tidak ada event offline.

Blogger Gathering

Yang menyenangkan jika ketemu teman-teman blogger adalah bisa saling bertukar pendapat, bertukar ide hingga saling sharing pengalaman. Dari sini, biasanya saya bisa mendapatkan banyak hal-hal baru dari mereka. Tentu tema yang dibicarakan masih relevan dengan kegiatan blogging.

7. Memiliki jaringan yang luas

Setelah bertemu teman-teman blogger, secara otomatis saya jadi punya jaringan yang lebih luas lagi. Hal ini penting banget untuk mengenalkan apa yang kita "jual" kepada orang banyak. Sama halnya seperti orang lagi jualan, bisa mengenalkan produk kepada masyarakat luas.

Blogger Kopdar

Dengan memiliki jaringan yang luas, saya jadi lebih mudah mengenalkan blog-blog yang saya kelola, sekaligus mengenalkan branding milik saya, yaitu Hendra Digital, sehingga memiliki peluang yang lebih besar untuk bekerja sama dengan banyak klien ke depannya nanti.

8. Diundang di berbagai event

Enaknya jadi blogger itu berkesempatan untuk diundang di berbagai event blog yang diselenggarakan di Jakarta dan sekitarnya, misalnya saja dari Viessmann, cekaja.com, Hacktiv8, Rumah Sakit Premier Bintaro, PrintQoe hingga event lomba blog dan video yang diselenggarakan Bank Indonesia di Hotel Aryaduta dan Museum Bank Indonesia di Jakarta pada 2020 lalu.

Manfaat Ngeblog

Benefit yang saya dapatkan juga cukup beragam, mulai dari mendapatkan bayaran uang, mendapatkan goodie bag, bisa menikmati makan gratis, bisa ketemu teman-teman blogger hingga pastinya mendapatkan pengalaman baru.

9. Mendapatkan produk gratis

Saya juga pernah mendapatkan rangkaian produk skin care dari Scarlett, eBright Skin dan HEMERA. Selain itu juga mendapatkan rangkaian produk smarthome dari brand BARDI dan lampu pintar Phillips. Produk akan dikirim ke rumah secara cuma-cuma dan para blogger wajib mengulas produk tersebut berdasarkan pengalaman menggunakan produknya.

Dapat Produk Gratis dari Ngeblog

Tidak tertutup kemungkinan para blogger juga akan mendapatkan berbagai produk lainnya yang akan diulas di blognya, karena mereka kan biasanya kerja sama dengan banyak klien. Mungkin ada yang dapat produk tas atau baju, ada yang dapat produk peralatan rumah tangga bagi mom blogger dan lain sebagainya.

10. Mendapatkan voucher gratis

Beberapa kali saya ikutan lomba blog yang diadakan oleh e-commerce terkemuka, misalnya saja Lazada, Zalora dan Blibli. Alhamdulillah saya termasuk salah satu blogger yang menjadi pemenangnya dan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja di salah satu e-commerce tersebut.

Dapat Voucher dari Ngeblog

Bukan hanya voucher belanja saja, tetapi juga saya mendapatkan voucher MAP yang bisa digunakan untuk menyantap kuliner favorit di beberapa restoran rekanan MAP, misalnya saja Domino's Pizza, Burger King dan Mc Donalds.

11. Bisa Menginap gratis

Pernah beberapa kali merasakan menginap gratis di RedDoorz karena ikutan lomba blog yang diadakan oleh RedDoorz. Setiap blogger diberikan kebebasan memilih lokasi properti sesuai dengan kebutuhan. Saya sendiri memilih penginapan yang ada kolam renangnya, karena saya mengajak anak dan istri juga.

Cara Nginep Gratis di RedDoorz

Selain itu juga pernah di-endorse oleh Kamar Keluarga, tapi sayangnya saat ini sudah tidak ada lagi. Saat ada event lomba blog dan video yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia tahun 2020 lalu, saya dan finalis lainnya juga berkesempatan menginap di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat. 

Konklusi

Segala pencapaian yang telah saya share di atas, bukan bertujuan untuk pamer, tetapi hanya sebagai sharing session saja. Saya sadar, karena semua rezeki yang saya dapatkan di atas berasal dari Allah Ta'ala, bukan semata-mata karena kerja keras saya saja.

Untuk bisa sampai di titik ini, tentu saja tidak mudah ya teman-teman. Butuh effort yang kuat, kerja keras, kesabaran dan konsistensi untuk melakukannya. Nah konsistensi ini yang saya rasa cukup berat. Apalagi bagi yang bekerja seperti saya, tentu harus pandai me-manage waktu dengan baik, agar kedua aktivitas tersebut bisa berjalan dengan lancar. 

Namun saya yakin, sesuatu yang jika dilakukan dari hati, pasti akan terasa ringan untuk dijalani. Sama halnya dengan menulis. Jika menulis sudah menjadi hobi, maka kita akan senang untuk melakukannya. Apalagi jika hobi yang kita lakukan bisa menghasilkan uang, tantu akan lebih semangat lagi bukan?

Last but not least, satu hal lagi yang perlu diingat. Jangan jadikan tujuan ngeblog untuk mencari uang. Tetaplah menulis artikel yang positif dan memberikan manfaat melalui tulisan untuk orang banyak. Nantinya rezeki akan datang menghampiri dengan sendirinya. Dapat cuan dari blog itu bonus!

Semoga apa yang saya bagikan ini bisa menjadi sebuah motivasi yang kuat, terutama bagi teman-teman yang baru ingin terjun ke dunia blogger. Apalagi di tengah gempuran konten video, eksistensi blogger seolah mulai redup. Namun saya tetap yakin bahwa blogger akan tetap berjaya!

Gimana, tertarik jadi blogger??

Semoga bermanfaat.

Share This Article :

Click here for comments 18 Comments:

  1. Belum kalau ikut lomba blog dan jadi juara, hadiahnya itu kan keren dan macam macam ya. Mulai uang tunai, produk elektronik dan sebagainya. Membanggakan apalagi kalau panitia nya sekelas kementerian terus menang, diundang mereka kan ke ibukota. Keren gak tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulilah banget deh kalo bisa menjadi salah satu pemenang, rasanya tuh kayak excited banget ya, hehehe

      Hapus
  2. MasyaaAllah.. Perjuangan panjang sampai akhirnya bisa dapet segala cuan dari ngeblog yah, Mas. Semoga sukses selalu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin 🤲 makasih banyak atas doanya ya. Doa yang sama untuk Mba Rizky.

      Hapus
  3. Woow keren kak, lama juga ya jadi blogger 10tahun, bisa dbilang akang suhu.

    Mnjdi blogger bisa dapat info yg luas dan trhubung ke circle orang" sukses. Jadi dampak ke kita nya juga lebih positif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah jangan panggil suhu suhu ah, masih banyak yang lebih hebat dari saya.

      Hapus
  4. Masya Allah Kang Hendra. Mantap nih. Sharing season gini emang kudu diceritakan lho. Buat nambah semangat kita-kita. Dan ya, semua itu datang dari Allah dan usaha kita ya. Kalau mau hasil yang gese, effort kita juga kudu lebih.

    Sukses selalu, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget. Semakin besar effort yang kita keluarkan, insha Allah hasilnya juga akan lebih optimal.

      Hapus
  5. Iya ya, selain dapat penghasilan, sebenarnya banyak banget hal hal gratis nggak terduga yang sebenarnya mengiringi perjalanan ketika menjadi seorang blogger tuh. Setelah dijembrengin satu per satu begini jadi makin bersyukur kalau aku nggak pernah salah jalan karena memilih menggeluti dunia blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa sangka ya, berawal dari hobi menulis, malah bisa mendatangkan Cuan. Ayo tetap semangat 👍!!

      Hapus
  6. Kalo di Jakarta, kesempatan utk ikut event offline terbuka sangat lebar sih. Hampir tiap mggu emg selalu ada event. Apalagi kalo followers kita gede. Makin sibuk aja tuh tiap pekan. Dan cuannya emg lumayan.

    Berkah banget ya mas Hendra udh dpt endorse dan travelung kemana2. Smg mkn berkah dan tulisannya mkn bermanfaat buat org lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah pokoknya. Makin rajin update dan semangat terus untuk menulis

      Hapus
  7. masyaalah perjalanannya memang tidak mudah ya kak untuk menjadi bloger, ga kerasa sudah 10 tahun ya keren
    bagaimanapun juga seru deh jadi bloger, banyak pelajaran yang saya peroleh di sini sekaligus alhamdulillah dapat cuan juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak kerasa loh tau-tau udah jalan 10 tahun aja

      Hapus
  8. Tertarik dong. Padahal awalnya saya jadi blogger dulu, gak tahu loh kalau kita bisa dapat duit dari ngeblog. Murni karena pengen mengabadikan kegiatan lewat tulisan aja. Tapi ternyata bisa jadi kadang cuan. Yo makin seneng dong. Makanya sekarang mencoba untuk menseriusi beneran. Semoga rejekinya bisa nular ke saya juga ya mad. Aaamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu doong. Awal ngeblog juga cuma update artikel curhatan aja, eh lama-lama malah bisa menghasilkan 💰 ya

      Hapus
  9. Setuju banget, ka..
    Gak terasa seperti pamer ko, ka.. karena sharing pengalaman untuk jadi blogger ini bisa jadi semangat ke pembaca yang nulisnya masih angot-angotan dan kepikirannya cuma "Kapan dapet endorsan?"

    Padahal itu semua gak bisa dateng secara instan tanpa adanya sebuah proses.
    Jadi menikmati banget prosesnya, minutes by minutes til day by day.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul banget, semua enggak bisa dilakukan secara instan, pasti ada proses dan effort besar di balik itu semua. Saya sangat menikmati proses tersebut.

      Hapus
836955841360431299