LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

6 Skill yang Perlu Dipersiapkan Menghadapi Dunia Kerja

Skill yang Harus Dimiliki Setelah Lulus Kuliah

Seperti kita ketahui, lulus dan meraih gelar sarjana merupakan impian bagi setiap individu yang saat ini sedang menempuh pendidikan tinggi. Kelulusan tersebut, tentu saja sangat dinantikan untuk mengobati setiap langkah perjuangan dan pengorbanan yang selama ini dilakukan. Kelulusan juga merupakan langkah awal untuk dapat meniti karier di dunia nyata.

Namun tidak semua mahasiswa yang sudah lulus dapat langsung bekerja dan meniti karier. Bahkan banyak dari mereka yang setelah lulus dan menyandang gelar sarjana, lantas kebingungan, karena tidak memiliki bekal pengalaman yang cukup serta hanya memiliki skill yang pas-pasan, sehingga sulit untuk bersaing di dunia kerja. 

Ditambah lagi jumlah angkatan kerja di Indonesia mencapai angka 144,01 juta jiwa pada Februari 2022, begitu menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Jumlah tersebut mencapai 69,06 persen dari total penduduk usia kerja yang jumlahnya mencapai 208,54 juta jiwa.

Jumlah Angkatan Kerja di Indonesia

Berdasarkan BPS, "penduduk usia kerja" adalah penduduk yang usianya 15 tahun atau lebih. Sementara "angkatan kerja" adalah penduduk usia kerja yang bekerja, atau punya pekerjaan, tetapi sementara tidak bekerja dan pengangguran. 

Skill yang Perlu Dipersiapkan dalam Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global

Kompetensi global adalah kemampuan seseorang dalam bekerja yang sesuai dengan skill yang dimilikinya. Memasuki abad ke-21, para pekerja akan "menjual" skill yang dimilikinya ke berbagai perusahaan global di seluruh dunia.

Selain menguasai skill akademik, seperti berbahasa Inggris yang baik, setidaknya ada enam skill yang juga perlu dimiliki oleh seseorang jika ingin bersaing menghadapi dunia kerja dengan kompetensi global. 

1. Memahami global mindset

Global mindset adalah kemampuan cara berpikir yang mendunia. Dengan memiliki global mindset yang baik, kita memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan ke arah mana era perkembangan selanjutnya. Sehingga kita akan lebih siap untuk dapat beradaptasi menghadapi iklim perubahan yang begitu cepat.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan telah mengalami perubahan. Perusahaan lebih mencari kriteria extraordinary yang dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan juga di masa mendatang. Selain kemampuan latar belakang pendidikan, perusahaan juga membutuhkan individu yang unggul secara intelektual, mental dan sosial serta memiliki karakter yang kuat

2. Kemampuan me-manage waktu

Memasuki era globalisasi, kita dituntut untuk selalu bergerak secara dinamis dan cepat. Di dunia profesional, manajemen waktu adalah salah satu skill yang perlu dimiliki oleh setiap pekerja. Dengan demikian kita mampu menyelesaikan setiap pekerjaan secara tepat waktu.

Gunakan waktu sebaik mungkin, agar kita bisa lebih banyak menyelesaikan tugas dalam satu waktu yang singkat. Dewasa ini, kebanyakan perusahaan lebih mengutamakan kandidat dengan skill manajemen waktu yang baik.

3. Memiliki networking yang luas

Berbicara soal karier, tidak hanya soal kompetensi dan skill saja, tetapi juga melibatkan sebuah networking atau jaringan/jejaring. Networking sendiri adalah proses membangun hubungan yang baik dengan orang banyak.

Adapun manfaat memiliki networking yang luas adalah untuk mendapatkan kenalan baru, menemukan peluang karier, serta mengetahui berita terbaru di industri dan dunia kerja secara keseluruhan.

4. Team work yang solid

Team work atau kerja tim merupakan salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh profesional, karena kesuksesan suatu perusahaan tidak hanya bergantung pada individu saja, tetapi juga tim.

Dengan team work yang solid, kita bisa berkomunikasi dengan baik, mendengarkan setiap masukan dan mengeksekusi pekerjaan dengan lebih terkoordinasi.

5. Memiliki jiwa leadership

Skill yang perlu dipersiapkan menghadapai dunia kerja adalah memiliki jiwa leadership atau kepemimpinan. Leadership yang baik, digadang-gadang menjadi salah satu faktor penting dalam jalannya perusahaan dan merupakan kunci keberhasilan bagi sebuah tim untuk meraih kesuksesan.

Sikap kepemimpinan yang baik, juga mampu mengarahkan dan melakukan koordinasi kepada semua orang yang terlibat dalam bisnis, agar tujuan bisnis bisa tercapai.

6. Kemampuan problem solving yang baik

Skill yang juga perlu dimiliki adalah kemampuan problem solving yang baik. Problem solving adalah kemampuan untuk menganalisis masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. 

Kemampuan ini sangat diperlukan dalam kompetensi bekerja. Skill ini sangat penting ketika kita ingin mengambil keputusan dan juga mengatasi masalah di dunia kerja, baik untuk menyelesaikan masalah yang terduga maupun yang tidak terduga.

Sampoerna University, Kampus Berstandar Internasional untuk Kompetensi Bekerja yang Lebih Baik

Selain memiliki ke-6 skill kompetensi di atas, sangat penting untuk memilih lembaga pendidikan yang memiliki kurikulum pendidikan internasional. Dengan demikian kita memiliki persiapan yang matang dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada.

Agar bisa mendapatkan pendidikan terbaik, tidak perlu repot-repot kuliah ke luar negeri, karena kita bisa menempuh pendidikan internasional di kampus Sampoerna University yang akan memberikan bekal cukup untuk dapat bersaing di pasar kerja global.

Kampus Sampoerna University Jakarta

Sampoerna University menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dengan kurikulum internasional dan telah bekerja sama dengan University of Arizona dalam bentuk Program Double Degree. Program ini memungkinkan mahasiswa mendapatkan dua gelar sekaligus, baik dari Sampoerna University maupun University of Arizona.

Beasiswa Sampoerna University

Lulusan Sampoerna University

Beasiswa Sampoerna University

Nantinya, mahasiswa dapat memilih program empat tahun di Jakarta dan mendapatkan Double Degree atau melanjutkan pendidikannya selama dua tahun terakhir di University of Arizona, Amerika Serikat. 

Perlu teman-teman ketahui, terdapat fakta menarik mengenai lulusan dari Sampoerna University, yaitu sekitar 4 persen atau 9 dari 10 lulusan Sampoerna University berhasil mendapatkan pekerjaan yang relevan dengan bidangnya masing-masing hanya dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan.

Sampoerna University bermitra dengan lembaga yang telah terakreditasi dari Amerika Serikat, yakni Southern Association of Colleges and Schools Commission on Colleges (SACSOC) dengan kurikulum yang telah disusun bersama Broward College.

Keunggulan Sampoerna University

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Sampoerna University :

1. Bekerja sama dengan Universitas Arizona, USA, sehingga akan mendapatkan dua gelar sekaligus dari Amerika dan juga Indonesia

Keunggulan Sampoerna University

2. Dukungan fasilitas yang lengkap, modern serta memadai 

Fasilitas Sampoerna University

3. Lulusannya lebih mudah diterima bekerja (kurun waktu 3 bulan)

Lulusannya Siap Bekerja dalam Kurun Waktu 3 Bulan

Cara Mendaftar di Kampus Sampoerna University

Berikut langkah-langkah cara pendaftarannya :

Cara Pendaftaran Kampus Sampoerna University

Konklusi

Setiap individu saat ini harus melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda, setiap tempat di seluruh dunia adalah tempat untuk berkarya. 

Jangan lelah untuk terus belajar dan berkarya, agar mampu beradaptasi dengan lingkungan global, sehingga nantinya memiliki skill yang mampu memberikan kontribusi besar bagi perusahaan. Tetap semangat!!

Share This Article :

Click here for comments 56 Comments:

  1. Sampoerna University memang salah satu kampus unggulan untuk bisa meningkatkan kompetensi global di dunia kerja karena memiliki kurikulum yang berstandar internasional. Apalagi ada program dual degree yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes setuju sih dengan komentar Mba Natih. Sampoerna University memang recommended bagi yang ingin mendapatkan pendidikan kurikulum internasional. Terima kasih atas kunjungannya ya...

      Hapus
  2. Persaingan dunia kerja memang semakin ketat. Makanya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Dan bagus sekali, Sampoerna University sudah menerapkan kurikulum Internasional. Nantinya para lulusan sudah siap bersaing, tidak hanya dalam negeri, tapi juga luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit sekali mencari pekerjaan di saat ini, apalagi kalau skill pas-pasan. Apa yang mau dijadikan nilai jualnya, iya kan?? Nah coba deh bisa dengan mengambil kuliah di Kampus Sampoerna University, biar upgrade skill dan kalau sudah lulus kuliah, bisa siap langsung bekerja

      Hapus
    2. Betul, Mas. Makanya skill harus ditambah dan ditingkatkan. Makanya bagus sekali Sampoerna University sudah menerapkan kurikulum internasional, jadi para lulusan siap bersaing di dunia kerja secara global.

      Hapus
    3. Yes exactly Mas!! SKill perlu diasah terus, agar bisa berkembang dengan baik.

      Hapus
  3. Saat ini untuk memasuki dunia kerja memang semakin selektif, dan mahasiswa memang harus mulai membiasakan memposisikan diri sebagai orang yang siap langsung terjun di dunia industri. Semua itu bisa dicapai jika memilih perguruan tinggi yang memberikan banyak input bagi mahasiswa, sehingga kemudian memiliki output dan ada impact yang bisa dikuatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kualitas pendidikan juga perlu ditingkatkan. Seperti apa yang telah dilakukan oleh Sampoerna University yang menerapkan pendidikan kurikulum internasional agar lulusannya telah siap untuk terjun ke dunia industri

      Hapus
  4. Keren kak sudah lebih dari 20 tahun malang melintang dengan dunia kerja. Dari situ pastinya kompetensi memang harus dimiliki seseorang ya, agar memiliki daya saing dan mudah diterima kerja di perusahaan manapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess 20 tahun tidak terasa sampai sekarang masih berkarir

      Hapus
  5. lingkungan pendidikan emang berperan penting banget ya buat bangun karakter, mental, skill, pengetahuan juga jejaring buat masa depan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul, lingkungan pendidikan punya pengaruh yang kuat, selain tentunya lingkungan keluarga

      Hapus
  6. Persiapan untuk dunia kerja memang sangat penting dan gaboleh dilakuin asal-asalan ya mas, agar kita dapat menghadapinya dengan siap dan percaya diri. Terima kasih sudah berbagi informasi penting ini. Saya yakin banyak orang yang akan merasa terbantu dengan informasi ini dan memastikan mereka agar siap sedia sebelum memasuki dunia kerja. Semoga tips di atas bisa jadi bahan pertimbangan buat orang-orang yang mau memulai perjuangan karirnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau serius dalam berkarir, ya sudah seharusnya mempersiapkan diri dengan matang sebelum memasuki dunia kerja

      Hapus
  7. sekarang dunia kerja tidak hanya membutuhkan hard skill, ada banyak juga soft skill yang harus dipelajari untuk membuat kita siap di dunia kerja yang tak hanya nasional saja sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di era digital saat ini, rasanya hard skill dan soft skill harus seimbang, biar mendapatkan komposisi yang tepat untuk menghadapi dunia kerja

      Hapus
  8. bener kak, bahasa asing itu perlu kita kuasai paling engga satu deh.. bahasa inggris. yang lainnya bisa kita pelajari sambil jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess, minimal kuasai bahasa Inggris dulu deh, nanti ke depannya bisa belajar bahasa asing lainnya

      Hapus
  9. btul banget, mental harus kuat apalagi ketika baru masuk kerja harus mau menerima ilmu dari orang lain, berkomunikasi dg berbagai karakter dan sebagainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata kebanyakan orang, masuk dunia kerja sama seperti mengetes mental. Apalagi baru pertama kali bekerja, mental harus dipersiapkan banget.

      Hapus
  10. kalau kemampuannya terbatas memang cukup sulit untuk dapat kerja apalagi bersaing secara global ya mas, dengan kurikulum di Sampoerna ini kita bisa upgarde skill sekaligus mempersiapkan diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kasian kalo kemampuan terbatas, skill pas-pasan ditambah minim pengalaman, cenderung kalah bersaing

      Hapus
  11. Kompetensi global ini kan juga berarti memiliki skills dengan kualitas kelas dunia, termasuk kemampuan berbahasa yang baik, creative thinking yang berkembang, dan sebagainya. Ini jelas akan jadi kompetensi unggul saat masuk ke dunia kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas banget sudah siap untuk menghadapi persaingan dunia kerja secara global Mba Mon.

      Hapus
  12. Setuju banget, banyak yang harus dipersiapkan supaya bisa memenangkan persaingan setelah lulus kuliah. Apalagi di era serba sat set dengan kemajuan teknologi saat ini. Memilih lembaga pendidikan yang berkualitas juga memang penting banget. Seneng deh sama faktmenarik kalau bekuliah di Sampoerna University tuh enggak hanya memungkinkan ngambil double degree dalam 4 tahun dengan kurikulum pembelajaran internasional, tapi juga 9 dari 10 lulusan Sampoerna University bisa mendapatkan pekerjaan yang relevan dalam kurun waktu 3 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, pendidikan tinggi berkualitas memang perlu banget untuk era globalisasi ini

      Hapus
  13. sekarang memang sudah waktunya masuk ke persaingan global termasuk kurikulum sekolah Internasional ini ya. Karena persiapan anak-anak menghadapi dunia yang semakin canggih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para generasi muda perlu dipersiapkan dengan pendidikan kurikulum internasional, biar lebih siap lagi menghadapi persaingan global

      Hapus
  14. Jadi ingat waktu pertamakali bekerja, baru dirasakan deh kalau bekerja itu perlu persiapan. semua item di atas setuju untuk dipersiapkan memsuki dunia kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perubahan yang terjadi di dunia kerja bergerak sangat cepat. Dulu mungkin yang dibutuhkan hanya keahlian akademik saja. Namun sekarang sudah lebih bervariasi, mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. Makanya persiapannya harus lebih matang lagi

      Hapus
  15. Bener banget, tuh. Keenam skill di atas memang urgent di dunia kerja. Bisa diasah dengan kurikulum internasional, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saja terapkan ke-6 skill di atas, lalu ditambah dengan menempuh pendidikan kurikulum internasional di Sampoerna University, dijamin makjoossss

      Hapus
  16. Selain kurikulumnya OK, gedungnya juga mewah yaa
    apalagi sistem pendidikan internasional ini pasti akan bermanfaat untuk mengasah kompetensi global agar kita bisa bersaing ditengah dunia globalisasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem pendidikan internasional ini sangat bermanfaat untuk bersaing di kancah internasional ya Mba. Beruntung sekarang sudah ada Sampoerna University yang bisa menjadi kampus pilihan bagi warga Indonesia, jadi nggak perlu jauh-jauh kuliah ke luar negeri

      Hapus
  17. Pendidikan dengan fasilitas, sarana dan prasarana akan sangat mendukung kondusivitas belajar. Didukung dengan kurikulum internasional, pastinya proses pembelajaran akan semakin baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mas Yonal. Harga yang ditawarkan oleh Sampoerna University tentu sebanding dengan kualitasnya. Apalagi lulusannya dijamin memiliki skill yang mumpuni yang siap bersaing di dunia industri.

      Hapus
  18. Ini menarik banget ya. Begitu lulus kuliah, tentu kita ingin segera mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan apa yang sudah kita pelajari di perkuliahan. Ini tuh kesempatan vanget buat kita. Kalau mudah diterima bekerja kan berarti lulusannya emang berkualitas banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi karena kriteria yang dicari oleh perusahaan rata-rata dimiliki oleh lulusan berkualitas dan punya skill yang mumpuni

      Hapus
    2. Selain itu juga nama kampus pengaruh juga sih kak.
      Karena kemungkinan ditanya, "kamu lulusan kampus mana?" Pasti ada.
      Sehingga nama kampus pun juga dapat menunjang diterima bekerja ya

      Hapus
    3. Pastinya bakalan bangga ketika nyebut, "Saya lulusan Sampoerna University". Ini bisa menjadi value yang patut diperhitungkan oleh perusahaan saat mencari calon karyawannya. Bayangin aja, lulusannya punya dua gelar dong, dari Amerika dan juga Indonesia

      Hapus
  19. setuju banget kemampuan-kemampuan tersebut wajib dimiliki ketika kita ingin memasuki dunia kerja tingkat global, dan memiliki kompetensi global sejak awal di kuliah itu sangat penting

    BalasHapus
  20. bagus ini Kak sampoerna university karena menjadi satu2nya universitas dengan kurikulum internasional yang mengambil dari arizona university ya.. jadi keliatan banget keunggulannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Sampoerna University. Dengan kurikulum internasional dari Arizona University, lulusannya terjamin dengan baik kualitasnya

      Hapus
  21. Kemampuan memanage waktu itu penting banget, ya. Di kancah persaingan global pun begitu penting. Ya, times is money. Jadi kudu pinter-pinter ngatur waktu biar enggak terbuang sia-sia.

    Dan tepat banget nih kalau mau dapat ilmu yang bagus, terus lulus kuloah langsung kerja. Kuliahnya di Sampoerna Uninersity aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, harus pintar memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin. Jangan sampai sering mengecewakan perusahaan, hanya karena gara-gara nggak mampu me-manage waktu dengan baik, bisa merugikan diri sendiri, orang-orang di sekitar maupun perusahaan itu sendiri

      Hapus
  22. problem solving memang kunci sih. aku suka kagum sama orang-orang yang bisa dengan cepat punya problem solving ketika ada masalah dalam pekerjaan. dan itu selain membantu diri sendiri, juga membantu orang di sekitarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, orang-orang dengan skill problem solving yang baik sangat dibutuhkan oleh perusahaan, karena dapat lebih mudah untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada dengan baik

      Hapus
  23. Skill dunia kerja bener bener diajarkan di sampoerna university ya kak. Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya mempersiapkan bibit-bibit berkualitas tinggi yang memiliki skill-skill yang dibutuhkan di industri, baik skala nasional maupun internasional

      Hapus
  24. Wah mantap banget ya Sampoerna University sudah bekerjasama dengan universitas Arizona USA, jadi bisa dapat 2 gelar jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini menunjukkan bahwa Sampoerna University benar-benar serius ingin membantu meningkatkan kualitas lulusan mahasiswanya, sehingga nantinya mampu bersaing secara global

      Hapus
  25. Sampoerna University menjadi pilihan universitas untuk mempersiapkan pendidikan tinggi terbaik ya, Kak. Dengan kurikulum internasional ala Amerika Serikat, kita bisa dapat double degree pula dari Universitas Arizona, mantep banget nggak tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar lebih mantap menghadapi persaingan global di dunia industri, ya better pilih kampus yang sudah menerapkan kurikulum internasional dong, salah satunya ya Sampoerna University ini

      Hapus
  26. Cucok banget. 6 skill seperti yang disebutkan di atas memang modal untuk menembus dunia profesional di era globalisasi seperti sekarang. Nilai aja udah gak cukup, pinter pun harus didukung skill dan networking. Itulah mengapa, jaman sekarang itu anak-anak harus diarahkan untuk berjejaring positif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang betul sih, kalau hanya mengandalkan nilai akademik saja dirasa kurang. Perusahaan sekarang lebih pintar dan lebih jeli dalam merekrut calon karyawan, sehingga yang dilihat tidak hanya nilai akademis aja, tapi juga skill-skill (hard skill & soft skill) lainnya menjadi pertimbangan penting

      Hapus
836955841360431299