LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Penting Banget! Ini 5 Manfaat Backlink untuk Website

Manfaat Backlink untuk Website

Kalau ada yang nanya, kenapa sih backlink begitu penting untuk sebuah website? Kalau memang penting, lantas apa pengaruhnya bagi website? Beberapa pertanyaan ini mungkin saja sering Anda dengar, tapi Anda sendiri malah bingung untuk menjelaskannya. Di artikel perdana ini, saya ingin sedikit menjelaskan beberapa
manfaat bakclink untuk website yang Anda kelola.

Perkembangan teknologi internet dewasa ini semakin tumbuh sangat pesat. Banyak orang memanfaatkan internet untuk mengembangkan berbagai macam bisnis yang dirintisnya. Makanya tidak heran jika saat ini banyak orang mulai tertarik untuk menjalani bisnis secara online.

Internet memang dinilai sebagai media yang tepat untuk melakukan promosi, karena saat ini hampir setiap orang menggunakan internet setiap harinya. Di sinilah peran penting internet untuk membantu pemasaran produk secara lebih luas.

Kegiatan promosi di dunia digital, akan semakin efektif jika Anda memiliki sebuah website. Melalui website, setiap orang bisa melihat produk apa yang Anda tawarkan. Dengan website juga, Anda semakin mudah untuk berinteraksi dengan calon pembeli. Meski demikian, punya website saja tidak cukup, Anda harus memaksimalkan website tersebut agar bisa mendapat posisi yang baik di mesin pencarian. 

Sebelum saya membahas apa saja manfaat backlink untuk website, mari kita cari tahu terlebih dulu pengertian dari backlink itu sendiri.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah tautan atau link dari satu website yang mengarah ke website lainnya. Backlink mampu membantu mesin pencari untuk menemukan halaman pada sebuah website. Semakin banyak backlink yang didapat, maka website tersebut semakin dianggap berkualitas, bermanfaat dan kredibel di penilaian Google.

Sederhananya seperti ini, Anda punya website dan ingin mengoptimasinya agar website Anda berada di posisi teratas di mesin pencarian Google, maka Anda perlu mencari backlink ke website-website yang memiliki konten berkualitas dan pengunjungnya ramai.

Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli backlink di website-website penyedia backlink (Rajabacklink, Vira atau Sosiago). Tarif backlink setiap website berbeda-beda, tergantung dari performa dan kualitas website tersebut. Semakin baik performanya, maka harganya akan semakin mahal.

Manfaat Backlink untuk Website

Keberadaan backlink begitu penting untuk mendongkrak performa website Anda di mesin pencarian (Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya), sehingga website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pembaca dari seluruh dunia. Lantas, apa saja sih manfaat dari backlink? Berikut ulasannya :

1. Membantu menjaga reputasi website di Google

Google merupakan mesin pencarian paling populer di dunia, sehingga banyak orang menggunakan Google untuk menemukan sebuah artikel. Selanjutnya Google akan memberikan hasil pencarian terbaik untuk si pencari tersebut, dengan cara mengarahkannya pada halaman-halaman yang populer.

Website Anda bisa dikatakan populer, jika memiliki banyak backlink berkualitas yang mengarah ke website yang Anda kelola, karena Google menggunakan backlink sebagai indikator popularitas sebuah halaman pada website. Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke website Anda, maka semakin baik reputasi website Anda di penilaian Google.

2. Website Anda bisa lebih mudah ditemukan Google melalui backlink

Robot Google akan melakukan perayapan (crawling) untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan kata kunci tertentu. Selanjutnya, Google akan menampilkan halaman tersebut pada pencarian indeks Google. Coba Anda bayangkan, semakin banyak backlink di website Anda, maka semakin mudah Google untuk menemukannya.

Ketika website Anda banyak dikunjungi, maka Anda memiliki potensi yang cukup baik terhadap bisnis yang Anda rintis di website tersebut. Jumlah pengunjung yang tinggi, tentu memiliki impact yang sangat baik untuk bisnis online Anda.

3. Meningkatkan kredibilitas website kamu

Perlu Anda ketahui, salah satu indikator yang menentukan kepopuleran suatu website adalah backlink. Namun Anda harus tahu, Google tidak hanya menilai backlink dari kuantitasnya saja, tapi juga relevansi dari backlink yang ditanam.

Backlink yang relevan adalah backlink yang didapatkan dari website dengan niche atau kategori yang relevan. Sederhananya seperti ini, Anda punya sebuah website dengan niche atau kategori teknologi, lalu ada perusahaan ponsel yang ingin menanam backlink di website milik Anda. Maka ini bisa dikatakan backlink yang relevan oleh penilaian Google.

4. Meningkatkan pengunjung ke website kamu

Kalau website Anda punya banyak backlink berkualitas dan relevan, maka Google akan memberikan penilaian yang baik terhadap website Anda. Lalu banyak halaman website Anda akan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian. Artinya apa? Website Anda lebih mudah ditemukan di mesin penelusuran.

Selain Anda akan mendapatkan trafik yang tinggi dari hasil pencarian Google, backlink juga mampu mendatangkan trafik dari link yang ditanam di website pemberi backlink, terutama jika website tersebut memiliki reputasi yang baik di Google dan trafik yang tinggi.

5. Mempercepat website terindeks

Sudah kami jelaskan di atas, bahwa Google akan menemukan website Anda melalui backlink. Semakin banyak jumlah backlink berkualitas yang tertanam, maka website Anda lebih cepat ditemukan oleh Google. Ini berarti proses pengindeksan pada halaman website semakin cepat. Berbeda jika website tersebut masih minim backlink, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa terindeks di Google.

Warmest regards,

Hendra Digital

Share This Article :

Click here for comments 20 Comments:

  1. backlink memang menarik untuk di bahas, aku sendiri sering melupakan hal ini, thx u kak infonya, semoga bisa selalu konsisten dalam menulis aku, salam dari pulau dewata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat dan konsisten!! Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Salam kenal dari Pulau Jawa

      Hapus
  2. Ngomongin backlink berarti nggak boleh asal mencari sumber backlink buat blog kita ya, Kak. Minimal ada penilaian mengenai relevansi topik dari blog yang kita titipi backlink plus performa blognya. Biar google makin menilai baik pada blog kita. Begitu ya, Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya gitu Mba, kalo bisa cari backlink yang berkualitas baik

      Hapus
  3. iya nih kak, aku juga masih ada pe'er soal tanam2 backlink. berkat ikut lomba blog, kadang kalau nyantol jaura bisa dapat backlink juga dari penyelenggara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang dapat backlink gratis saat ikut lomba blog. Tapi parahnya, kadang halaman lomba dihapus, jadinya malah broken link 🔗

      Hapus
  4. Ternyata backlink yang berkualitas bisa meningkatkan kualitas artikel kita di mata google yaa.. Ini aku baru tau.. karena selama ini sebisa mungkin justru menghindari backlink keluar dengan memperbanyak artikel organik dan memasukkan internal link aja.

    Haturnuhun pengetahuan yang dibagikan mengenai blogging, kak.

    BalasHapus
  5. Dulu awal-awal ngeblog aku nulis ya nulis doang. Nggak ngerti istilah backlink. Ternyata sepenting ini lho ya backlink bagi blog. Sampai kadang-kadang tukar menukar backlink dengan sesama blogger hehe.

    BalasHapus
  6. pernah belajar sama BRT juga nih tentang tanam-tanam backlink, ternyata ada ilmu dan tata caranya juga ya, biar ada outpun manfaatnya buat blog terindeks dan dikenal sama mesin pencari

    BalasHapus
  7. Meskipun punya banyaak manfaat tapi ternyata masih ada temen2 blogger yg belum tahu apa itu backlink yaa

    BalasHapus
  8. Ternyata banyak sekali ya manfaat dari backlink ini, sehingga kita wajib niy untuk promote blog kita di blog blog atau situs yang kredibel agar blog kita makin bagus ya Mas

    BalasHapus
  9. Banyak ya kak manfaat backlink pada website. Bisa mempermudah indexing Google ini cakep banget deh

    BalasHapus
  10. blogku masih kurang nih backlink berkualitasnya, nilai blog di mata Google juga masih rendah, masih banyak PR nih yang harus dibenahi apalagi tentang backlink ini.

    BalasHapus
  11. memang sangat bermanfaat backlink ini untuk website kita ya, Kak. Semangat menebar backlink yang berkualitas, Kak!

    BalasHapus
  12. Backlink punya manfaat penting bagi sebuah website
    Dengan memiliki backlink yang berkualitas, maka perfoma website pun akan semakin baik

    BalasHapus
  13. Backlink penting ga penting sih memang ya, dan pastikan backlink yang kita dapatkan untuk website kita itu berkualitas. Jadi blog kita dan blog pemberi backlink sama-sama mendapatkan manfaatnya.

    BalasHapus
  14. Terima kasih banyak infonya, beneran baru tahu fungsibacklink sangat2 berguna. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  15. Makanya jualan backlink laku bener ya. Emang sih, kalau mau tetep eksis di mata mbah google, backlink ini perlu diusahakan agar posisi web tetap stabil.

    BalasHapus
  16. Dan yang paling penting, kalau kehilangan backlink sama saja dengan kehilangan pengunjung dan penurunan DA DR ya kak

    BalasHapus
  17. Nah urusan biar cepet keindex ini nih yang kadang suka drama. Ternyata bagusnya ada backlink ya, bukan polos gitu aja artikelnya.
    Dengan adanya backlink mempercepat proses indexing juga,,bahkan meminimalisir bounce rate juga kan ya

    BalasHapus
836955841360431299