LWN7LGF8LWJcNaBdMWNcNqp4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Koleksi Musik dari CD MP3 Mau Dikemanain?

Memindahkan Koleksi Lagu dari CD MP3 ke Laptop

Saya ini termasuk yang gemar mendengarkan musik saat beraktivitas. Rasanya kayak ada yang kurang jika tidak mendengarkan musik favorit saat menjalani rutinitas sehari-hari. Suntuk, bosan dan kurang semangat sudah pasti akan hinggap. Mungkin teman-teman juga merasakan hal yang sama bukan?

Saking hobinya mendengarkan musik, saya mengoleksi puluhan keping CD MP3. Saat itu memang masih zamannya dengerin musik pake CD. Eh ... Maksudnya kepingan compact disc alias CD.

Seperti biasa, saya rutin membeli CD di Blok M mall yang dulu sempat populer se-Jakarta Raya. Setiap pulang kerja, pasti sempatkan untuk mampir sejenak ke mall yang kala itu jadi icon Jakarta Selatan. Belum nongkrong kalo belum ke Blok M. Katanya sih begitu.

Untuk harga 1 keping CD MP3 biasanya dijual sekitar 7 ribuan saja. Kalo beli 20 ribu dapat 3 keping CD. Lumayan irit seribu hehehe... Koleksi lagu dalam satu keping MP3 bisa memuat lebih dari seratus lagu.

Memasuki Era Digital, Koleksi Keping CD Mau Dikemanain? 

Saking seringnya beli CD MP3, akhirnya numpuk di rumah. Mau koleksi lagu pop Indonesia jadul sampai yang lagu barat pun ada. Malah mirip kayak abang penjual CD MP3.

Nah, seiring berjalannya waktu, teknologi semakin canggih. Sekarang dengerin musik pun sudah menggunakan digital. Cukup lewat ponsel saja sudah bisa dengerin musik favorit. Tanpa menggunakan DVD atau CD player lagi. Apalagi pake kaset pita.

DVD atau CD Player pun saat ini sudah jarang diproduksi lagi. Atau bahkan sudah tidak ada yang jual lagi ya.

Pertanyaannya sekarang, koleksi keping CD itu mau dikemanain?? Mau dibuang, ya boleh saja. Mau disimpan sebagai benda antik pun sah-sah saja. Karena pasti anak cucu kita tidak akan kenal dengan teknologi yang namanya keping CD di masa mendatang. 

Namun sebelum teman-teman buang atau simpan sebagai koleksi benda antik, sebaiknya lakukan hal ini saja ya.

1. Simpan koleksi lagu di laptop

Teman-teman bisa menyelematkan koleksi musik favorit dari CD dengan cara memindahkan dan menyimpannya di laptop ataupun PC. Dengan begitu, teman-teman tidak perlu khawatir akan kehilangan koleksi lagu favorit.

2. Upload ke YouTube saja

Setelah tersimpan di laptop ataupun PC, teman-teman bisa upload lagu-lagu favorit ke channel YouTube. Malah bisa juga dimonetisasikan agar bisa menghasilkan cuan dari YouTube.

3. Upload ke platform streaming musik

Aplikasi streaming musik saat ini sedang digandrungi oleh sebagian masyarakat. Koleksi musik yang tersimpan di aplikasi ini jumlahnya sangat banyak. Teman-teman bisa mempertimbangkan untuk upload koleksi musik favorit lewat aplikasi streaming musik.

4. Simpan koleksi musik di cloud service 

Tidak mau ribet dan hanya ingin menyimpannya saja. Bisa kok! Teman-teman cukup upload koleksi musik yang ada di CD MP3 ke layanan penyimpanan online atau biasa disebut cloud service. Teman-teman tinggal pilih saja mau upload di layanan cloud yang mana.

5. Simpan koleksi lagu di penyimpanan eksternal

Selain memanfaatkan layanan cloud service, teman-teman juga bisa menyimpan koleksi musik di penyimpanan eksternal, misalnya saja flash disk atau hard disk eksternal yang memiliki kapasitas lebih besar. Dengan demikian koleksi musik akan tersimpan dengan aman.

Nah kira-kira 5 hal itu yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan isi lagu-lagu favorit dari keping CD MP3. Karena mau nyetel CD MP3 atau DVD pun sudah sangat jarang sekali player CD ditemui di pasaran, karena kebanyakan sekarang nyetel musik pakai ponsel yang disambungkan ke speaker bluetooth.

Cukup buka aplikasi streaming musik atau buka YouTube lewat ponsel, lalu aktifkan Bluetooth dan koneksikan ke speaker Bluetooth. Kita bisa bebas dengerin musik favorit. Jauh lebih simpel ya. Teknologi diciptakan memang untuk memudahkan hidup kita bukan?

Nah, apakah teman-teman juga punya banyak koleksi keping CD di rumah?? Ceritain yuk di kolom komentar, keping CD itu dikemanain saja?

Share This Article :

Click here for comments 35 Comments:

  1. Ternyata penggemar dangdut jg nih kang Hendra. Aku jg msh pny loh dulu kaset2 Manis Manja Group dan sederet penyanyi dangdut lainnya. Pas udh kerja, skrg numpuk CD film ama software hadiah buku. Msh tersimpan rapi. Sampe aku belikan pouch khusus CD. Entah deh buat apaan ntar. Minimal buat kenangan. Apalagi yg CD lagu2 dari gerai makanan cepat saji. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koleksi lagunya banyak Mase, hehehe... Saya juga kadang dapat CD lagu dari restoran cepat saji yang satu itu, tapi nggak saya ambil. Soalnya bingung mau setel CD di mana, udah nggak punya CD player

      Hapus
  2. Koleksi kepingan CD di rumah sudah banyak yang dipotong-potong anaknya untuk dijadikan salah satunya tempelan penguat mainan angry bird, dan banyak lagi kerajinan tangan lainnya. Pernah juga dijadikan untuk jam dinding. Sekarang kreativitas DIY-nya semakin berkurang, hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Very nice idea!! Boleh juga nih dijadikan hiasan untuk dipajang di rumah. Apalagi koleksinya cukup banyak, jadi mudah untuk dikreasikan sesuai dengan keinginan

      Hapus
  3. Wah samaan nih, Saya juga masih punya koleksi CD jadul, tapi kalo saya bukan CD MP3, melainkan VCD. Sampe sekarang koleksi VCD nya masih numpuk di rumah. Daripada mubazir beberapa CD tersebut saya buat hiasan dinding hehe. Baca tulisan ini jadi keingetan lagi deh, cari ide dulu di pinterest ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren juga idenya nih, biar koleksi keping CD bekas nggak jadi sampah di rumah ya, bisa dijadikan sebagai hiasan dinding.

      Hapus
  4. Saya juga kalau dengerin musik pasti pakai CD, Mas hahaha. Nah, CD ini diperjelas.
    Kalau saya, dulu zamannya kaset, Mas. Makanya sampai sekarang kaset saya masih ada, walau tidak pernah diputar lagi, karena tape sudah rusak. Hanya saya pernah lihat, kepingan CD itu bisa dibuat hiasan juga. Bahkan pernah ada video klip ada CD-CD digantung. Saya ikuti, dan keren juga jadi hiasan di kamar hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih punya beberapa koleksi kaset pita Mase, bingung mau dikemanain, udah nggak ada radio . Wah boleh juga tuh kepingan CD dijadikan hiasan menarik ya. Kudu nyari inspirasi di Pinterest nih

      Hapus
  5. ah aku masih nyimpen lho beberapa cd2 ini tapi juga bingung mau aku apakan karena sekarang laptop2 juga udah nggak ada tempat untuk ngeliat CD ini ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak sulit juga sih ya kalo PC / laptop nggak ada disk drive, nggak bisa menyelamatkan isi dari CD tersebut...

      Hapus
  6. Abang tua daku sering beli VCD maupun DVD seperti itu. Ternyata bisa ya disimpan dengan cara yang menarik, biar tetap bisa menikmati musiknya tanpa khawatir akan hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo memang nggak mau hilang koleksi lagu atau videonya, ya bisa disimpan dengan mengikuti tutorial di atas. Kali aja suatu saat akan nostalgia dengan lagu-lagu lawas...

      Hapus
  7. Blok M memang legend banget, saya pun dulu suka nyari CD CD lagu kalau akhir pekan ke Blok M, bahkan harganya dulu sempet sampai gocengan doang dah

    BalasHapus
  8. Jadi ingat juga, dahulu tiap ada lagu baru kangsung beli CD, puter berulang-ulang sampai bosen...eh sampai hafal. Sepertinya kalau masih punya banyak bisa jadi barang langka nantinya, di rawat, di jual lagi deh nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi barang antik ya, bernilai tinggi untuk anak cucu nantinya 😊

      Hapus
  9. Kapan lalu masih disimpan di harddisk, sekarang dah lah di drive atau cloud storage aj biar ga gampang ilang atau rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sebaiknya simpan di beberapa tempat, misalnya di laptop atau cloud service 👍

      Hapus
  10. Aku masih punya nih koleksi CD dan kaset pita, tapi sekarang cuma jadi properti rumah buat koleksi doang hehehe

    BalasHapus
  11. Saya dulu tek kasih temen kost untuk koleksi kaset DVD atau VCDnya. Gak kepikiran buat diupload ke YT kala itu. Gak kepikiran buat disimpen di laptop.

    Karena dulu pikirannya biar barang-barang di kost saya berkurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang juga udah gampang untuk download lagu dari internet ya Kak...

      Hapus
  12. Hebaat banget kak Hendra, jadi kolektor cakram. Berarti semuanya ori dan dirawat dengan baik ya sampai bisa awet selama bertahun-tahun. Eh kalau kesimpan lama moga ada yang minat lalu dibeli dengan harga mahal wwwkwkwkkwk, jadi barang antik nih CD-nya.

    BTW kalo koleksi kaset lama dikemanain enaknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggak semua ori Kak. Kadang udah pada baret CD nya, jadi nggak kebaca deh. Makanya sebelum rusak, saya amankan dulu koleksi lagunya hehehe

      Hapus
  13. Di rumahku banyak nih keping CD, dulu juga hobi banget beli. Mana DVD nya rusak, keping CD nya malah buat mainan anakku. Btw, di pasar daerahku masih ada loh yang jual kepingan CD kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di tempat saya sudah jarang banget yang jual CD MP3

      Hapus
  14. Aku buang. Wkwkk. Banyak yang rusak soalnya. Gak aku gak bisa bikin hasta karya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemmm, sayang banget dibuang. Tapi sekarang kan sudah bisa download lewat internet

      Hapus
  15. Koleksi musik dan film di CD punyaku dan suami dulu ada2 banyak tp akhirnya kami buang. Sebenarnya pengin tak pindah data2nya. Tp ga ada pemutar CDnya di laptop. Jd ya sudahlah, drpd menuh2in rumah, ya kami buang saja deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kebanyakan memang tidak punya pemutar CD ya, jadi mau nggak mau dibuang deh...

      Hapus
  16. Punyaa..
    Sampai sekarang kalau beli album fisik Kpop masih dapet yang versi CD.
    Dan huuhu.. cuma bisa diputer di mobil. Karena gak punya CD Player.

    Semoga dengan kemajuan teknologi, kita bisa semakin semangat memanfatkannya dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo laptop jadul saya masih bisa untuk membaca CD drive, hehehe..

      Hapus
  17. Kalau CDnya dikemanain Pak sebaiknya? Apakah diterima nggak ya di bank sampah gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saja ditawarkan, siapa tau aja mereka menerimanya, hehehe

      Hapus
  18. Ini sih saya banget kak, koleksi album CD, hihihi.karena nilai sentimental aja sih apalagi koleksi band favorite. ofkors, isi album saya copy dulu ke hardisk sih dan mp3 player atau di hp. tapi kadang tetep saya putar di cd player laptop karena hasil suaranya beda gitu, hihihi

    BalasHapus
836955841360431299